Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 11:42 WIB

231 Bendungan RI Hanya Mampu Alirkan Air ke 13% Lahan Irigasi

Trio Hamdani - detikFinance
Bendungan/Foto: Dok. Kementerian PUPR Bendungan/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan keterbatasan bendungan di Indonesia. Dia mengatakan Indonesia baru memiliki 231 bendungan. Itu hanya mampu mengairi 13% lahan irigasi yang ada di Indonesia.

Hal itu dia sampaikan dalam acara CNBC Indonesia Conference membahas Water Security And Sustainability, di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan.

"Kita baru punya 231 bendungan, itu yang mampu mengairi tidak lebih dari 13% (lahan irigasi), sekitar 1 juta hektare, karena kita punya lahan irigasi sebesar 7,3-7,4 juta hektare," katanya Selasa (23/7/2019).


Padahal, keberadaan bendungan ini penting dalam rangka menjaga kestabilan pengelolaan pangan. Untuk itu pemerintah sekarang memacu pembangunan bendungan. Saat ini ada 65 yang dibangun.

"Terkait pengelolaan sumber daya air, 65 bendungan sedang dibangun dan sebagian sudah diresmikan, akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi untuk mengairi sawah persawahan sehingga pengelolaan pangan tetap stabil," jelasnya.


Ketika 65 bendungan ini rampung semua pun masih belum cukup mengairi luasnya lahan irigasi di Indonesia.

"Dengan 231 bendungan kita hanya mampu mengairi tidak lebih dari 13%. Kalau nanti 65 bendungan selesai kita bisa tingkatkan daya irigasinya jadi sekitar 20%," tambahnya.


231 Bendungan RI Hanya Mampu Alirkan Air ke 13% Lahan Irigasi


Simak Video "Rumahnya Digusur untuk Proyek Tol, Menteri PUPR: Anak Saya Nangis"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed