Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Jul 2019 19:15 WIB

Setahun Beroperasi, LRT Palembang Angkut 2 Juta Penumpang

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Dok. Humas LRT Palembang Foto: Dok. Humas LRT Palembang
Jakarta - Operasional kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Palembang kini telah satu tahun beroperasi. Tercatat sudah dua juta penumpang diangkut sejak operasi pada 23 Juli 2018 lalu.

Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryati mengatakan jumlah penumpang tertinggi tercatat pada 8 Juni 2019 lalu. Sekitar 24.622 penumpang diangkut dari 13 stasiun yang ada.

"Keberadaan LRT di Palembang ini telah menjadi transportasi alternatif angkutan masal di Sumatera Selatan. Terutama di Kota Palembang sebagai aktifitas sehari-hari dengan jumlah diangkut 2.096.556," kata Aida saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (26/7/2019).

Dari jumlah itu, Aida menyebut rata-rata penumpang LRT/hari mencapai 10.000. Bahkan saat akhir pekan bisa mencapai lebih dari 12.000 penumpang.

"Ya, paling banyak penumpang itu akhir pekan. Dalam catatan kami bisa sampai 12 ribuan dan aktif di 13 stasiun," imbuh Aida.



Peningkatan jumlah penumpang sendiri tidak terlepas dari sosialisasi yang telah dilakukan secara terus-menerus. Salah satunya mengajak warga menggunakan LRT dengan kampanye 'Payo Naik LRT'.

Kemanfaatan LRT juga sudah dirasakan baik kalangan sekolah yang menjadikan LRT sebagai sarana edukasi. Sehingga dalam pelayanannya pun operator terus melengkapi fasilitas pendukung berupa pos kesehatan gratis hingga penelitian.

"Selama 1 tahun LRT tumbuh menjadi jantung transportasi Kota Palembang dan terintegrasi dengan Damri hingga Transmusi. Ya dukungan semua pihak dibutuhkan untuk menjadikan LRT ini sebagai transportasi utama dan juga memberi dampak positif pada seluruh masyarakat," tutupnya.

Diketahui, si ular besi mulai beroperasi 23 Juli 2018 bersamaan pelaksanaan Asian Games ke-18. Tujuannya, untuk mengakomodir kebutuhan transportasi atlet, official, media serta masyarakat dalam perhelatan olahraga tersebut.




Setahun Beroperasi, LRT Palembang Angkut 2 Juta Penumpang


Simak Video "INKA: Nggak Ada LRT Mogok Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com