Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Jul 2019 22:01 WIB

Proyek Bandara Bali Utara Dimulai Setelah Jalan Akses Dibangun

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Denpasar - Rencana pembangunan bandara Bali Utara hingga saat ini masih terus digodok. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan bandara baru di Buleleng itu menunggu infrastruktur utara-selatan selesai dibangun.

"Bandara Bali kita bahas berkaitan dengan prosedur saja, tetapi kita memang sepakat akan memfinalkan itu pada saat finalisasi jalur akses selatan-utara ini. Jadi kita punya alternatif beberapa ya bisa jalan tol, bisa kereta api, bisa juga jalan highway (protokol) ini nanti domainnya di Kementerian PU, karena kita nggak akan membangun bandara Bali utara tanpa ada infrastruktur utama itu," kata Budi usai ratas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jl Airport Ngurah Rai, Bali, Jumat (26/7/2019).

Budi mengatakan dimulainya pembangunan bandara Bali utara itu tergantung pada kesiapan infrastruktur di lokasi tersebut. Pihaknya pun masih menunggu kajian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU).


"Tergantung nanti infrastruktur itu, kalau infrastruktur itu bisa cepat kita juga cepat, karena membangun bandara itu bisa 2-3 tahun. Karena infrastruktur ini juga biasanya pembebasan tanah yang jadi masalah kita menunggu proposal dari kementerian PU," jelas Budi.

Dia pun memastikan lokasi pembangunan bandara Bali utara tetap akan dibangun di Kubutambahan, Buleleng, Bali. "Lokasinya nggak (tetap sama,red).

Rapat terbatas di Bandara Ngurah Rai ini juga dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir, GM Angkasa Pura I Cabang Denpasar Herry AY Sikado, dan Direktur Bandara Udara Kemenhub Praminto Hadi.



Simak Video "Menhub Janjikan Pelatihan Gratis untuk 1.000 Nelayan di Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com