Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Agu 2019 18:05 WIB

Kereta Kencang Jakarta-Surabaya Mulai Dibangun 2021

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Dok. INKA Ilustrasi/Foto: Dok. INKA
Jakarta - Kereta kencang Jakarta-Surabaya diproyeksikan mulai dibangun pada tahun 2021. Apabila mulai beroperasi, nantinya waktu tempuh Jakarta-Surabaya hanya sekitar 5,5 jam dengan kecepatan maksimal 160 kilometer (km) per jam.

"Kita putuskan untuk membuat jalur khusus untuk kereta cepat dengan kecepatannya maksimal 160 km/jam, ini waktu tempuh Jakarta-Surabaya hanya 5,5 jam," ungkap Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Pembangunan proyek transportasi tersebut diperkirakan memakan waktu hingga tiga tahun. Artinya, paling cepat proyek tersebut rampung di 2024.

"Perkiraan konstruksi tahun 2021 mulai. Perkiraan operasi 2-3 tahun setelah konstruksi, setelah 2021. Selesai FS (feasibility study atau studi kelayakan) akhir tahun 2020 selesai," lanjutnya.


Menurutnya, jarak tempuh kereta cepat ini bisa melampaui kereta api Jakarta-Surabaya yang selama ini sudah beroperasi dengan waktu tempuh 9-10 jam dan kecepatan rata-rata hanya 90 km/jam.

"Kereta sekarang rata-rata 90 km/jam, makanya bisa sampai 9-10 jam Jakarta-Surabaya. Makanya (jalur) itu perlu direvitalisasi," tutur Zulfikri.

Zulfikri mengatakan, awalnya kereta cepat ini mau melintasi jalur eksisting kereta api rute Jakarta-Surabaya. Namun, jalur tersebut perlu direvitalisasi untuk menjadi lintasan kereta kencang.




Kereta Kencang Jakarta-Surabaya Mulai Dibangun 2021


Simak Video " Jalur Darat Diprediksi Jadi Primadona Musim Mudik 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com