Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Agu 2019 23:00 WIB

LRT Jabodebek Rute Cibubur-Cawang Mau Diuji Coba Oktober

Danang Sugianto - detikFinance
Jalur LRT Jabodebek/Foto: Agung Pambudhy Jalur LRT Jabodebek/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - LRT Jabodebek untuk ruas Cibubur-Cawang hampir selesai. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melaporkan progresnya ke Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Budi mengatakan pembangunan jalur LRT tersebut sudah hampir selesai. Dia pun mengusulkan kepada Luhut agar segera diujicobakan.

"Saya mengusulkan Menko agar dari Cawang sampai ujung Cibubur sudah selesai. Saya minta Oktober diujicoba," ujar Budi Karya di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (5/8/2019).


Menurut Budi saat ini kereta LRT sudah disiapkan PT INKA (Persero), sehingga LRT untuk jalur Cibubur-Cawang sudah bisa diujicobakan. Waktu yang dibutuhkan untuk uji coba sekitar 6 bulan.

"Barang sudah di INKA, bawa ke sini diujicoba, karena ujicoba butuh waktu paling nggak 6 bulan. Saat nanti Dukuh Atas selesai, kereta-keretanya sudah ready, karena itu uji coba lumayan intensif. Yang di Palembang membutuhkan waktu hampir 1 tahun, jadi kalau 6 bulan dilakukan, Pak Luhut setuju dan akan disampaikan ke Adhi Karya untuk uji coba Oktober," terang Budi Karya.

Luhut pun mengatakan hal yang sama, namun menurutnya pembangunan LRT sudah terlambat hampir 1 tahun lantaran kendala pembebasan lahan.

"Memang LRT terlambat hampir setahun, gara-gara pembebasan lahan. Tapi semua Agustus ini semua pembebasan lahan selesai. Kita berharap tidak ada lagi kemunduran," tutur Luhut.



Simak Video "Peran Cold Storage di Karimun Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com