Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Agu 2019 13:25 WIB

Tol Pertama di Kalimantan Beroperasi 3 Bulan Lagi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa/PT Wijaya Karya Foto: Istimewa/PT Wijaya Karya
Jakarta - Tol Balikpapan-Samarinda bakal beroperasi paling lambat tiga bulan dari sekarang, yaitu September 2019. Tol ini merupakan jalan bebas hambatan pertama di Pulau Kalimantan.

Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana mengatakan, tol tersebut akan diresmikan paling cepat dua bulan dari sekarang dan selambat-lambatnya tiga bulan lagi.

"(Tol Balikpapan-Samarinda) bisa diresmikan dalam waktu tidak lama lagi, paling antara 2 sampai dengan 3 bulan ke depan," kata dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (7/8/2019).



Dari keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), saat ini progres konstruksi Seksi I dan Seksi V tol Balikpapan-Samarinda mencapai 92,91%. Kemudian Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV mencapai 92,51%. Menurut Tumiyana, penyelesaian tol ini memang tinggal sedikit lagi.

"Balikpapan-Samarinda sudah tinggal sedikit lagi, itu hampir selesai," tambahnya.

Tol Balikpapan-Samarinda memiliki panjang 99,35 km. Diharapkan mampu memangkas biaya logistik pendistribusian barang dan jasa yang semakin cepat antara dua kota tersebut. Perjalanan antar kedua wilayah dapat ditempuh hanya dalam 1 jam, dari semula waktu 3 jam.

Tol Balikpapan-Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.



Simak Video "Ini 14 Tol Baru Prioritas Jokowi di Periode Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed