Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 09 Agu 2019 16:38 WIB

Bicara Trans Jawa, Darmin: Tol Saja Tidak Cukup

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Robby Bernardi/detikcom Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan infrastruktur yang telah dibangun harus lebih dioptimalkan guna mendorong kegiatan ekonomi di masyarakat.

Darmin lantas mencontohkan jalan Tol Trans Jawa yang sudah dibangun. Dia bilang, jalan tol tersebut harus dilengkapi berbagai kegiatan ekonomi masyarakat agar manfaatnya bisa lebih terasa maksimal.

"Itu kan tidak cukup jalan tol saja. Artinya perlu disambungkan lagi dan jangan dianggap ini persoalan mudah. Kita harus punya sentra kegiatan masyarakat. Tidak harus industri, bisa pertanian, beras, sayur, ternak dan lainnya. Tapi masih perlu mungkin butuh jalan 20-an km kabupaten," kata Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).


Darmin mengatakan selain terhubung dengan jalan nasional, Tol Trans Jawa bisa lebih maksimal dengan tersambungnya jalur kereta hingga angkutan laut. Kalau bisa, kata Darmin, bahkan transportasi udara pun dapat dihubungkan agar pemanfaatan infrastruktur bisa lebih maksimal.

"Ini kan bisa bersaing sebenarnya. Ada daerah yang lebih dekat ke pelabuhan laut. Anda asal bangun tempat penimbunan barang, ada yang lebih cocok kereta api. Tapi lebih bangun, belum siap, belum selesai," kata Darmin.

"Itu maksudnya mengoptimumkan pembangunan infrastruktur yang sudah dibangun. Tinggal perluas. Termasuk angkutan udara. kalau anda lihat petanya, akan tahu ada berapa banyak jalur angkutan daerah yang sedikit sekali dipakai. Ini masih harus digambar ulang sehingga nanti pesawat itu tidak menumpuk," tutup Darmin.



Simak Video "Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com