Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Agu 2019 10:07 WIB

Tak Kunjung Diresmikan, LRT Jakarta Tunggu Apa Lagi?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
LRT Jakarta/Foto: Agung Pambudhy LRT Jakarta/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Proyek kereta LRT (Lintas Rel Terpadu) Jakarta yang menyambungkan Kelapa Gading dan Velodrome belum juga diresmikan pengoperasiannya. Saat ini kereta tersebut masih beroperasi terbatas dengan label uji coba sehingga belum mengenakan tarif kepada penumpang.

Lalu kapan LRT Jakarta mulai mengenakan tarif komersial kepada penumpangnya?

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan pihaknya saat ini masih dalam proses penyelesaian dokumen izin operasi. Secara paralel pihaknya juga melengkapi rekomendasi teknis dari Kementerian Perhubungan berkaitan hal-hal minor yang masih harus diperbaiki.

"Semua pengujian sudah, tapi setelah pengujian pasti ada comment sedikit, minor. Itu kami tidak mau comment-nya tidak closed. Meskipun kecil-kecil. Supaya dengan pemberi izin close, itu yang kita rapikan sekarang," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Senin (12/8/2019).


Salah satu hal minor yang sedang diselesaikan oleh LRT Jakarta adalah penyelesaian depo di Kelapa Gading. Pembangunan depo memang yang paling terakhir rampung lantaran kapasitasnya yang besar sehingga butuh waktu cukup lama.

"Terutama untuk maintenance-nya. Pemeliharaan harus dipastikan semua sudah sesuai standar. Bahkan ada lagi turunannya maintenance harian, bulanan, tahunan. Itu yang kita selesaikan sekarang," kata Iwan.


Iwan sendiri mengaku pihaknya tak punya target waktu untuk mendapatkan izin operasi dari regulator. Namun dia memastikan kapanpun pihaknya diberi izin beroperasi, kereta LRT sudah siap melayani masyarakat.

"Belum ada target kita. Pokoknya kita menyelesaikan saja secara baik dan sempurna," ungkapnya.

Tak Kunjung Diresmikan, LRT Jakarta Tunggu Apa Lagi?


Simak Video "LRT Jakarta Resmi Beroperasi Mulai 1 Desember, Tiketnya Rp 5.000"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com