Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Agu 2019 15:10 WIB

Bandara Kertajati: Sejarah hingga Rute Penerbangan Terkini

Puti Yasmin - detikFinance
Bandara Kertajati: Sejarah hingga Rute Penerbangan Terkini/Foto: Rachman Haryanto Bandara Kertajati: Sejarah hingga Rute Penerbangan Terkini/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bandara Kertajati terletak di Majalengka, Jawa Barat. Bandara ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Mei 2018. Nah, apa fakta lain dari bandara ini? Yuk simak.

Bandara Kertajati dikenal juga dengan nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Untuk pembangunanya, terminal bandara memiliki luas mencapai 121.000 meter persegi dan panjang landasan 2.500 meter.



Berikut fakta-fakta Bandara Kertajati yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Digagas Warga Jawa Barat

Sejarah Bandara Kertajati pertama kali digagas oleh warga Jawa Barat, khususnya dari Kamar Dagang Industri (Kadin) tahun 2003. Pasalnya, Bandara Husein Sastranegara di Bandung dinilai sudah terlalu padat menampung 37 juta penduduk.

2. Telan Dana Rp 2,6 T

Dari gagasan tersebut, pembangunan Bandara Kertajati akhirnya dilaksanakan di Januari 2016. Pembangunan menelan dana hingga Rp 2,6 triliun yang tak semua berasal dari APBN karena menggunakan skema kemitraan dengan swasta.

3. Dirangcang SBY

Jokowi menyebutkan bahwa Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut dalam perancangan Bandara Kertajati. Hal itu dilakukan bersama Gubernur Jawa Barat kala itu Ahmad Heryawan.

4. Sepi

Setelah diresmikan, ada berbagai kendala yang terjadi, salah satunya Bandara Kertajati sepi. Bahkan, tingkat keterisian atau okupansi penerbangan hanya mencapai 30%.



5. Rute Penerbangan

Akibat sepi, Bandara Kertajati sempat melayani satu penerbangan saja setiap minggunya. Padahal, dari pertama beroperasi ada 11 rute yang siap beroperasi.

6. Bangkit

Pemerintah akhirnya turun tangan dan memindahkan penerbangan jet komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Jadwal penerbangan Bandara Kertajati pun ada sebanyak 13 rute.

Hanya saja, selang sebulan maskapai Citilink menutup 3 rute penerbangan dari Kertajati karena sepi penumpang

Simak Video "Sepinya Bandara Bandung Setelah Penerbangan Dialihkan ke Kertajati"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed