Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Agu 2019 11:35 WIB

Ada Demo Rusuh di Manokwari, PUPR Cek Kondisi Infrastruktur Jalan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Massa longmarch di Jayapura (Wilpret-detik) Foto: Massa longmarch di Jayapura (Wilpret-detik)
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengecekan terhadap infrastruktur jalan di wilayah Manokwari, Papua Barat. Hal ini seiring dengan adanya unjuk rasa terkait pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya berujung kerusuhan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Bina Marga wilayah Sorong. Ia ingin mengecek kondisi infrastruktur jalan di wilayah demo tersebut.

"Kita masih konfirmasi dengan Kepala Balai (Bina Marga) Sorong," kata Sugiyartanto kepada detikFinance, Jakarta, Senin (19/8/2019).


Sugiyartanto mengatakan bahwa tidak ada kerusakan infrastruktur jalan di Manokwari.

"Infonya tidak ada (kerusakan)," tambahnya.

Seperti diketahui, dalam demo yang terjadi di Manokwari, massa sempat membakar dan merusak sejumlah kendaraan dan juga fasilitas umum (fasum).

"Tadi pagi sudah kondusif situasi, sudah berhasil komunikasi tapi agak siang sedikit mereka ada bakar-bakaran dan perusakan fasum, kendaraan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).


Dedi belum mendapat data lengkap objek apa saja yang dirusak dalam demo di Manokwari. Selain itu, aksi di Manokwari membuat lalin lumpuh karena sejumlah jalanan diblokir.

Polisi mengedepankan negosiasi dengan para pendemo. Polisi masih berupaya membuka blokade jalan.

Simak Video "Ombudsman Puji Kesigapan Kementerian PUPR Pantau Jalan-Jembatan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com