Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Agu 2019 14:06 WIB

September, 2 Km Jalur LRT Cibubur-Cawang Bakal Dijajal

Danang Sugianto - detikFinance
Jalur LRT Jabodebek/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) memastikan sebagian jalur LRT Jabodebek sudah siap untuk dilakukan running test. Uji coba dipastikan akan berlangsung pada September.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harso mengatakan dalam waktu dekat tim dari Kereta Api Indonesia (KAI) akan mendatangi pabrik INKA di Madiun. Mereka akan melakukan factory acceptance test (FAT).

"Iya September. Jadwalnya satu-dua hari ini tim KAI akan datang ke Madiun untuk lakukan FAT tes. Setelah dinyatakan lolos oleh KAI, INKA langsung mengirimkan kereta ke lapangan," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/8/2019).


Budi mengatakan pembangunan untuk jalur Cibubur-Cawang sudah selesai. Running test sendiri akan dilakukan nantinya di jalur tersebut.

"Jalur itu sepanjang 2 km. Nantinya akan dilakukan running test di situ," tambahnya.

Sebelumnya PT INKA (Persero) berharap kereta LRT Jabodebek yang diproduksi segera dikirim ke Jakarta. Saat ini pabrik INKA di Madiun sudah penuh kereta LRT Jabodebek.


Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah siap untuk diuji coba di Jakarta. Sementara, sebanyak 134 body kereta LRT sudah rampung.

"Ini yang lain jadi masalah, karena lahan kita sudah penuh kalau teman-teman ke Madiun 'merah' semua kita hampir 134 kereta selesai sudah penuh itu. Maka, dengan persetujuan KAI kita akan naruh setelah di tes di bawa ke sini. Target 1 besok ini selesai, maka harus ada tiga, tiga, tiga setiap bulan selesai FAT (factory acceptance test)-nya, testing and commissioning di sana (Madiun). Operasinya tergantung nanti kalau selesai infrastruktur," jelasnya dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (19/8/2019).

Simak Video "adv adhi karya"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com