Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Agu 2019 20:15 WIB

Jasa Marga Targetkan Bayar Tol Tanpa Setop di Akhir Tahun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) tengah melakukan uji coba sistem transaksi tol tanpa henti single lane free flow (SLFF). Uji coba saat ini dilakukan pada 40 gerbang tol.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengatakan, uji coba ini masih dilakukan pada internal perusahaan. Untuk penerapannya menunggu restu pemerintah dan Bank Indonesia (BI).

"Kita masih coba internal karena perlu approval BI dan pemerintah mengenai mekanisme pembayaran ini," kata dia Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (21/8/2019).

"Kenapa perlu trial karena nanti saat dioperasikan kita mau memastikan tidak ada kendala. Saat ini baru 40 gerbang kita uji coba dan itu terus penyempurnaan dari sisi teknologinya, tapi penerapannya to subject keputusan pemerintah," sambungnya.



Senada, Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menuturkan, untuk menerapkan sistem ini, perusahaan menunggu restu pemerintah dan BI. Di antaranya, terkait teknologi yang digunakan. Jasa Marga sendiri menargetkan transaksi tanpa setop ini pada Desember tahun ini.

Namun, dia menekankan, itu menunggu restu pemerintah dan BI.

"Kita masih jalan terus uji cobanya, kita harapkan nanti, sambil terus evaluasi Desember target kita sebenarnya. Kan kita juga lihat izin pemerintah, tapi memang ditargetkan Desember nanti pelan-pelan bisa mulai komersial. Tapi sekali lagi ya, itu tidak semata-mata di kita. Itu keputusan pemerintah," paparnya.

Sebagai informasi, Jasa Marga saat ini melakukan uji coba sistem transaksi SLFF di jalan tol yang diberi nama FLO. FLO merupakan sistem pembayaran tol prabayar berbasis mobile application dan sticker, yang menggunakan teknologi radio frequency identification (RFID). Serta, menggunakan source of fund berbasis voucher elektronik (VE).

Adapun cara penggunannya ialah, pengguna jalan cukup mengunduh FLO di ponsel lalu mengoneksikannya dengan sticker. Dengan begitu, pengguna jalan bisa langsung melewati gerbang tol tanpa tapping.



Simak Video "Antisipasi Macet, Rest Area Cikampek Arah Jakarta Akan Dibuka-tutup"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com