Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 10:50 WIB

Negara-negara Afrika Ini Mau Belajar Bangun Jalan Tol dari RI

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok Foto: Dok
Badung - Sejumlah negara dari kawasan Afrika ingin belajar membangun jalan tol dari Indonesia. Mereka ingin mempelajari dari sisi teknologi maupun pengelolaan jalan tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengaku telah bertemu dengan beberapa perwakilan dari negara kawasan Afrika untuk berdiskusi mengenai hal itu. Danang bilang, negara-negara benua hitam tersebut tertarik untuk belajar membangun dan mengelola jalan tol dari Indonesia.

"Kita bertemu dengan pemerintah negara Lesotho dan juga pemerintah Togo. Kalau yang Lesotho, mereka ingin belajar pengelolaan dan mengenalkan jalan tol. Mereka belum punya yang di Lesotho. Mereka ingin belajar concessioning (konsesi). Kedua, mereka ingin belajar beberapa teknologi perkerasan di kita," kata Danang di Nusa Dua, Bali, Kamis (22/8/2019).



Danang mengatakan pihaknya menawarkan untuk membagi pengalaman membangun jalan tol dengan membuat suatu forum khusus.

"Ada forum antara kita dengan mereka. Kalau mereka sih inginnya ada MoU, tapi ini musti kita laporin dulu ke Pak Menteri PUPR. Tapi kalau dari sisi substantif kita siap ya, karena yang mereka butuhkan kan sharing sama learning," jelasnya.

Apalagi, kata Danang, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) asal Indonesia telah memiliki kemampuan untuk membangun jalan tol di sejumlah negara.

Selain itu, kata Danang, Indonesia juga memiliki kesempatan untuk mendorong investasi di negara Maroko. Namun, hal itu memerlukan studi kelayakan yang cukup matang dalam membangun jalan tol di sana.

"Maroko kan punya jalan tol cukup panjang. Kemungkinan salah satu yang bisa kita dorong kerja sama investasi. Untuk ke sana kita menginginkan ada pemerintah Indonesia untuk bisa menyediakan support untuk studi kelayakan. Karena bagaimanapun juga kan kita kerja di negara lain dan kita belum punya knowledge banyak tentang itu," katanya.



Simak Video " Menilik Jalan Tol Pertama di Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com