Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 23 Agu 2019 17:25 WIB

Semua Terminal Bus Mau Disulap Jadi Modern dan Punya SPBU

Nurcholis Ma - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini pemerintah sedang mempersiapkan pengembangan terminal bus konvensional tipe A agar tampak lebih modern. Menurut Budi, nantinya beberapa terminal konvensional tipe A akan menyediakan layanan one stop service.

Salah satu upaya modernisasi terminal kumuh tersebut seperti penyediaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) khusus untuk bus. Selain itu juga akan ada pembangunan ruko-ruko pendukung, hingga pembelian tiket bus yang bisa dilakukan secara online.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memberi kesempatan berbagai pihak, termasuk swasta untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan terminal tersebut agar lebih modern, Terbaru, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), PT Pertamina, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).


"Kerja sama dengan Pertamina dan Alfamart supaya terminal itu bagus. Nah kalau terminal bagus, orang tidak takut ke sana. Saat pulang ke Tegal, Cirebon, orang tidak hanya menggunakan kereta api. Nanti menjadi one stop service, kita minta pembelian tiket itu dilakukan secara online, tidak perlu antre, pasti dapat," ucap Budi, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Budi mengatakan telah menargetkan 40 terminal akan menjadi lebih bagus saat musim Lebaran depan. Selanjutnya ia juga mengajak pihak swasta lain untuk ikut dalam proses pemberdayaan terminal ini, misalnya mengajak retail-retail yang akan mengisi ruko-ruko yang ada di terminal.

Pada acara yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan hasil penyewaan ruko-ruko terminal memang menjadi pemasukan yang besar sebagai tambahan membangun terminal. Menurutnya, hasil tersebut akan dialokasikan untuk membangun dan memodernisasi terminal bus antar kota antar provinsi tipe A.


"Tahun 2019 ini sudah Rp 15 miliar mendapatkan PBB dari sewa ruangan di terminal tipe A. Kami akan melaksanakan perbaikan di semua terminal tipe A," ucap Budi.

Budi juga mengatakan bahwa hasil kerja sama dengan Alfamart, yaitu nantinya Alfamart akan mengisi ruko terminal tipe a yang ditargetkan akan dimodernisasi. Adapun kerja sama dengan Pertamina yaitu penyediaan satu SPBU di setiap terminal, khususnya untuk bus, sedangkan dengan PII yaitu penguatan wafing ground yang ada di Bekasi.

Simak Video "Melihat Lagi BJ Habibie Bicara tentang Infrastruktur Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com