Jalan Pertama di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Pertengahan 2020

Usman Hadi - detikFinance
Selasa, 27 Agu 2019 15:00 WIB
Foto: Usman Hadi
Sleman - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan peletakan batu pertama proyek jalan di ibu kota negara yang baru di Kaltim akan dimulai pertengahan 2020. Jalan adalah proyek infrastruktur dasar yang pengerjaannya akan dikebut pemerintah.

"Jalan, kalau yang jalan itu nanti (peletakan batu pertamanya) pertengahan tahun depan. Itu target kami," kata Basuki usai mengisi kuliah umum mahasiswa baru program pascasarjana Fakultas Teknik UGM di GSP, Selasa (27/8/2019).

Ditanya kapan peletakan batu pertama pembangunan Istana Negara di Kaltim, Basuki enggan menjawab. Ia hanya menyebut kementerian yang dipimpinnya akan membangun infrastruktur jalan terlebih dahulu di lokasi ibu kota yang baru.

"Belum tahu (kapan peletakan batu pertama pembangunan Istana Negara di Kaltim), yang penting (pembangunan infrastruktur) dasarnya dulu kan. Belum ada aksesnya bagaimana membangun yang lain, jadi akses baru kita bikin," ungkap Basuki.


Pihak PUPR, lanjut Basuki, akan semaksimal mungkin menggunakan material dari Kaltim dalam proyek pembangunan ibu kota baru. Namun jika material tersebut tidak ada di Kaltim, maka pihaknya akan mendatangkan material dari luar daerah.

"(Material pembangunan) bisa dari sana (Kalimantan), bisa dari luar Kalimantan. Kalau saya dari dalam, tapi kalau memang batunya nggak ada ya kita ambil dari Palu," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan Kaltim sebagai lokasi ibu kota negara yang baru. Wilayah ibu kota negara akan berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.



Simak Video "Korea Selatan Berminat Bantu Pembangunan Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ush/fdl)