Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Sep 2019 11:35 WIB

Mengintip Progres Tol Cisumdawu, 'Penyambung Hidup' Kertajati

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pengerjaan proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat. Sebab, tol ini nantinya akan mempermudah dan mempercepat masyarakat menuju Bandara Kertajati di Majalengka.

Tol yang memiliki total panjang sekitar 60,47 km ini terdiri dari enam seksi dan dikerjakan oleh banyak perusahaan. Seperti seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan perusahaan asal China. Total investasi jalan tol ini sekitar Rp 8,41 triliun.

"Target kami 2020 bisa selesai dengan catatan pembebasan lahan bisa selesai," kata Kasatker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Yusrizal Kurniawan, Kamis (5/9/2019).

Yusrizal mengatakan, proyek tol Cisumdawu masih terhalang oleh permasalahan lama, yaitu pembebasan lahan. Lalu bagaimana progres terkini proyek tol yang sudah dibangun sejak 2012 ini?

Untuk seksi 1 dengan rute Cileunyi-Rancakalong (10,57 km), progres pembebasan lahan sudah 72,77% dengan konstruksi mencapai 45,47%. Kontraktor seksi I adalah CRBC dengan Adhi Karya.

Seksi 2 dengan total panjang 17,05 km pembangunannya dibagi dua fase. Di mana fase I dari Rancakalong-Ciherang sudah selesai tahun 2017. Pada fase I ini memiliki panjang sekitar 7 km. Sedangkan Fase II Ciherang-Sumedang memiliki panjang sekitar 10,7 km dengan progres pembangunan mencapai 74,62% dan lahan 98,9%.

Jika ditotal secara menyeluruh antara seksi 1 dan 2, maka total pembebasan lahannya 86,33% dan fisiknya mencapai 70,64%.

Kepala BPJT Danang Parikesit Meninjau Pembangunan Tol CisumdawuKepala BPJT Danang Parikesit Meninjau Pembangunan Tol Cisumdawu Foto: Hendra Kusuma




Sementara seksi 3 hingga 6 yang dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sepanjang 32,65 km masih belum banyak kemajuan. Khusus seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,5 km peogres pembebasan lahan mencapai 99,76%, sedangkan pembangunannya 80%. Sedangkan sisanya, seksi 4 hingga 6 belum tersentuh pembangunan sama sekali, hanya pada seksi 6 saja yang sudah ada pembebasan lahan sebesar 16,34%.

Dapat diketahui, seksi 4 dari Cimalaka-Legok dengan panjang 8,20 km. Seksi 5 dari Legok-Ujung Jaya dengan panjang 14,90 km. Seksi 6 dari Ujung Jaya-Dawuan dengan panjang 6,06 km.

Tol Cisumdawu menjadi bagian tak terpisahkan dari Bandara Kertajati. Tol ini menjadi jalan akses yang bisa mempercepat warga Bandung dan sekitarnya menuju Bandara yang berlokasi di Majalengka tersebut.

Waktu tempuh dari yang semula hitungan menit menuju bandara Husein Sastra Negara pun kini harus berganti hitungan jam demi menuju ke Kertajati.

Terowongan Tol CisumdawuTerowongan Tol Cisumdawu Foto: Hendra Kusuma




Mengintip Progres Tol Cisumdawu, 'Penyambung Hidup' Kertajati


Simak Video "Apa Kabar Tol Cisumdawu, 'Penyambung Hidup' Kertajati?"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com