Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 08 Sep 2019 18:08 WIB

Tol di Ibu Kota Baru Pangkas Waktu Balikpapan-Samarinda Jadi 1,5 Jam

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Balikpapan - Tol pertama di Kalimantan akan beroperasi pada Oktober 2019. Jalan ini akan mempercepat arus lalu lintas dari Balikpapan ke Samarinda dan sebaliknya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengungkapkan dengan jalan tol Balikpapan Samarinda ini akan memangkas waktu tempuh hingga 50%.

"Ya bisa lebih cepat separuhnya ya, kalau yang biasanya 3-4 jam bisa setengahnya saja 1,5 - 2 jam," kata Danang di Proyek Tol Balikpapan Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (8/9/2019).

Danang mengatakan, hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan produktivitas di Kalimantan Timur. "Itu signifikan ya, apalagi kami proyeksikan aktifitas 5-10 tahun akan semakin tinggi di sini," ujarnya.


Kehadiran jalan tol yang merupakan cikal bakal jalan Trans Kalimantan ini disambut baik oleh masyarakat yang terus mendukung terbangunnya jalan tol ini hingga tahap penyelesaian. Diharapkan setelah terbangunnya jalan tol ini, akan menciptakan Kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan yang sekaligus mendorong pertumbuhan Kawasan tersebut menjadi semakin lebih baik dan berkembang.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda menjadi pendukung pengembangan sektor kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian. Nantinya kawasan yang dilintasi jalan tol ini semakin meningkatkan mutu pembangunan ke depan, serta kehadiran jalan tol ini dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan.

Selanjutnya, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.



Untuk diketahui, tol Balikpapan-Samarinda terdiri dari lima seksi. Seksi I ruas Balikpapan - Samboja sepanjang 22,03 km, Seksi II ruas Samboja - Muara Jawa sepanjang 30,98 km. Kemudian pada Seksi III Muara Jawa - Palaran sepanjang 17,5 km, Seksi IV Palaran - Samarinda sepanjang 17,95 km, dan Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan sepanjang 11,09 km.








Simak Video "Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com