Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 14:48 WIB

China atau Jepang yang Garap Kereta JKT-SBY? Luhut: Lihat Saja Nanti

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwas

Menurut Luhut keinginan Jepang sangat besar dibanding China. Dia juga menilai Jepang akan memberikan investasi yang panjang ke pembangunan di Indonesia.

"Saya pikir agak sulit (untuk China), karena Jepang ingin benar untuk masuk situ dan kita juga lihat Jepang ini long investor di Indonesia," kata Luhut usai rapat bersama Banggar DPR, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Namun, dia menegaskan Jepang tidak bisa semaunya. Luhut tidak ingin ceritanya seperti Jepang saat menggarap MRT. Sebab menurutnya, di proyek tersebut Jepang berlaku semaunya dengan tidak mengizinkan adanya transfer teknologi dan penggunaan produk lokal.

"Tapi Jepang juga nggak boleh semau dia juga. Jadi kita harus lihat ya kamu jangan seperti MRT yang dikunci banget," kata Luhut.

"Kita juga mau punya kebebasan local content (produk dalam negeri), dan teknologi transfer seperti-seperti itu lah," lanjutnya.


Terakhir dia menjelaskan kini proyek tersebut masih dalam tahap studi kelayakan. Yang pasti Luhut menegaskan kereta kencang ini lebih besar kesempatannya digarap Jepang.

"Saya kira sekarang studinya masih di finalisasikan kita lihat aja nanti. Saya pikir masih kita masih lebih infavour kepada Jepang," kata Luhut.

Sebelumnya, perusahaan perkerataapian China, China Railways Construction Corp menyatakan minatnya ke Luhut untuk garap kereta kencang Surabaya. Namun, Jepang sendiri sudah lebih dulu masuk ke proyek ini.

Tapi sampai kini Jepang dan Indonesia masih belum juga melakukan kontrak resmi hitam di atas putih soal kerja sama pembangunan kereta kencang ini.



China atau Jepang yang Garap Kereta JKT-SBY? Luhut: Lihat Saja Nanti


Simak Video "Komentari Penusukan Wiranto, Luhut Pandjaitan: Jangan Dibesar-Besarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com