Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 17:33 WIB

Kereta Cepat JKT-BDG Bisa Angkut 600 Penumpang Sekali Jalan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. KCIC Foto: Dok. KCIC
Jakarta - Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung bakal tiba dari China ke Indonesia 2020 mendatang. Kabar terbaru, satu unit kereta cepat tersebut bisa mengangkut hingga 601 penumpang. Satu unit terdiri dari 8 gerbong.

Operation and Maintenance Officer PT KCIC Budi Cai menjelaskan, satu rangkaian kereta bakal terdiri dari tiga kelas, yaitu VIP, first class, dan second class.

"Betul ada sekitar 600 (kursi penumpang per rangkaian)," kata Operation and Maintenance Officer PT KCIC Budi Cai ditemui di pameran Indotrans Expo 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (13/9/2019).



Berdasarkan selebaran dari KCIC, jumlah kursi VIP adalah 18, first class 28, dan second class 555. Porsinya memang sengaja lebih banyak untuk second class.

"Kita mungkin lebih mengunci di kalangan eksekutif muda, orang kantoran kayak gitu. Jadi first class, second class itu akan kita perbanyak," jelasnya.

Dia melanjutkan, yang membedakan masing-masing kelas adalah tingkat kenyamanannya. Misalnya untuk VIP kemungkinan didesain dengan formasi kursi 1-1 di kanan dan kiri, untuk first class 2-2, dan untuk second class 3-3.

Untuk VIP, menurut dia juga akan lebih nyaman kursinya dibandingkan kelas lainnya.

"VIP dia tempat duduknya mungkin misalnya satu jalur itu sendiri. Kalau untuk first class dia kan kanan-kiri dua dan dua. Kalau VIP dia mungkin cuma ada satu, atau dia bentuk kursinya akan disesuaikan bahannya misalnya lebih nyaman, lebih besar," tambahnya.



Simak Video " Kereta Cepat 2021 Beroperasi , Menteri BUMN: Bangun Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com