Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Sep 2019 08:00 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Menuju Ibu Kota Baru, Naik Pesawat hingga Kapal Cepat

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom
FOKUS BERITA Jelajah Ibu Kota Baru
Penajam Paser Utara - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim) menuai sorotan banyak pihak. Hal tersebut diambil lantaran beban Jakarta sudah semakin berat menjadi pusat bisnis dan ibu kota Indonesia. Langkah orang nomor satu RI memindahkan ibu kota ke sebagian Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara sudah melewati sejumlah kajian.

Kepindahan ibu kota ke Kaltim diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada 26 Agustus 2019 lalu. Kaltim dianggap Jokowi menjadi lokasi ibu kota negara baru yang paling ideal.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanaegara Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara.


Untuk menuju lokasi ibu kota baru bisa diakses melalui Balikpapan. Dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan darat dan dilanjutkan dengan jalur laut. Singkatnya, perjalanan darat dilakukan dari bandara menuju Pelabuhan Semayang kemudian dilanjutkan menggunakan kapal cepat atau feri dan disambung lagi dengan perjalanan darat.

Perjalanan dari bandara menuju pelabuhan berlangsung mulus dengan kondisi jalan aspal. Jalan di Kota Balikpapan juga terdiri dari beberapa ruas dengan kondisi ramai lancar di siang hari pekan lalu. Sepanjang jalan utama menuju pelabuhan tampak ruko hingga kawasan perkantoran berjejer mengisi ruang.

Mobil yang ditumpangi pun melesat dan hanya butuh waktu kurang dari 30 menit untuk tiba di Pelabuhan Semayang di Jalan Yos Sudarso. Setibanya di pelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan kapal cepat dengan waktu tempuh 15 menit atau kapal feri sekitar satu jam untuk membelah Teluk Balikpapan.

Menuju Ibu Kota Baru, Naik Pesawat hingga Kapal CepatFoto: Ardan Adhi Chandra/detikcom
(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com