Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Sep 2019 12:02 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Melihat Kompleks Pemerintahan di Calon Ibu Kota RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Muhammad Abdurrosyid/detikcom Foto: Muhammad Abdurrosyid/detikcom
Penajam Paser Utara - Kantor Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terletak di satu kompleks. Kantor Bupati hingga Gedung DPRD PPU terletak di Jalan Penajam-Kuaro, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam. Dari kejauhan, sudah tampak gedung pemerintahan ini berdiri kokoh di antara hutan.

Kantor Bupati PPU dikelilingi oleh kantor dinas dan juga DPRD. Gedung yang menjadi kantor Abdul Gafur Mas'ud ini terletak persis di pinggir jalan besar yang terdiri dua jalur yang masing-masing terdapat tiga lajur.

Melihat Kompleks Pemerintahan di Calon Ibu Kota RIFoto: Muhammad Abdurrosyid/detikcom

Di sebelah Kantor Bupati, terdapat perkantoran dinas terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, hingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


Masih di lokasi yang sama, terdapat gedung DPRD Kabupaten PPU. Berdasarkan Data Pembangunan Kabupaten PPU Taun 2018, anggota DPRD yang berkantor di gedung tersebut sebanyak 25 orang. Dari 25 orang anggota DPRD tersebut hanya 1 orang yang wanita.

Jumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara berjumlah 85 yang terdiri dari Badan, Dinas, Kecamatan Kelurahan/Desa
serta UPTD. Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2017 berjumlah 3.563 orang, bila dilihat dari golongannya pegawai golongan III memiliki jumlah terbesar yaitu 1.982 orang sedangkan yang paling sedikit jumlahnya adalah golongan I hanya berjumlah 50 orang.

Melihat Kompleks Pemerintahan di Calon Ibu Kota RIFoto: Muhammad Abdurrosyid/detikcom

Lokasi Istana Negara dan kantor pemerintah pusat juga rencananya dibangun di PPU. Namun belum diketahui persisnya di mana. Akan tetapi, nama Sepaku pernah disebut menjadi kandidat titik ibu kota baru. Sepaku berbatasan langsung dengan Samboja, Kutai Kartanegara. Kecamatan Sepaku sendiri memiliki luas 1.172 km persegi yang sebagian besar lahannya dimiliki negara.

Simak Video "Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com