Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Sep 2019 13:06 WIB

Nama Kertajati Mau Diubah Jadi BJ Habibie, Bisa Bikin Jadi Ramai?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kementerian Perhubungan memastikan wacana pergantian nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi BJ Habibie tidak menjamin bahwa penerbangan di sana menjadi ramai.

"Terkait dengan perubahan nama dapat membuat bandara ramai penumpang dan penerbangan tidak ada korelasinya," kata Kepala Bagian Kerjasama Internasional Hubungan Masyarakat dan Umum Ditjen Perhubungan Udara, Agustina Dani Endahwati saat dihubungi detikcom, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Agustina menilai, untuk teknis pengubahan nama Bandara Kertajati menjadi BJ Habibie bisa dilaksanakan asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Usulan pergantian nama dari suatu bandara harus memenuhi persyaratan dari peraturan menteri (PM) 39 tahun 2019," jelas dia.


Beberapa maskapai belakangan mengurangi jumlah penerbangan dari Bandara Kertajati. Salah satunya Garuda Indonesia yang telah menghentikan satu-satunya rute penerbangan dari Kertajati, menuju Denpasar, sejak akhir Agustus kemarin.

Garuda Indonesia di Bandara Kertajati terbang hanya sekali dalam sehari. Masyarakat lebih memilih terbang dari Bandara Soekarno Hatta karena akses ke Bandara Kertajati masih terbatas.

Sejak 1 Juli 2019, Bandara Kertajati melayani 12 rute penerbangan domestik dengan tujuan ke luar Pulau Jawa. Sebanyak 12 rute penerbangan ini merupakan peralihan dari Bandara Husein Sastranegara (BDO).


Sebanyak 12 rute penerbangan ini setiap harinya akan ada 24 pergerakan datang dan pergi. Sebanyak lima maskapai pula yang beroperasi di Bandara Kertajati ini. Adapun, kelima maskapai itu, Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, AirAsia, Lion Air, dan Xpress Air.

Namun, seiring masih terbatasnya akses dari dan menuju Bandara Kertajati membuat satu per satu maskapai penerbangan menutup layanan dari sana.


Nama Kertajati Mau Diubah Jadi BJ Habibie, Bisa Bikin Jadi Ramai?


Simak Video "Lahan di Area Bandara Kertajati Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com