Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Sep 2019 20:40 WIB

Ibu Kota Baru Punya Tambahan Tol, Investasinya Rp 15 Triliun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom
Jakarta - Ibu kota baru di Kalimantan Timur akan punya tambahan jalan tol. Saat ini, Tol Balikapapan-Penajam Paser Utara tengah dalam proses lelang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, tol ini merupakan prakarsa PT Waskita Toll Road. Dia mengatakan, saat ini dalam proses evaluasi penawaran.

"Sudah dilaksanakan tendernya, penawaran sudah masuk sekarang dalam proses untuk evaluasi akhir pengumuman pertama pemenang lelang. Kalau hanya satu berarti kita langsung negosiasi," katanya Kementerian PUPR Jakarta, Senin (23/9/2019).



Danang melanjutkan, tol ini panjangnya sekitar 10 km. Sebagian ruas tol akan dibangun di atas sungai. Untuk nilai investasinya ditaksir mencapai Rp 15 triliun.

"Nilai kisarannya itu sekitar Rp 15 triliun, 10 km dan yang berada di atas sungai kira-kira 7 km," sambungnya.

Danang sendiri belum bisa menyebut pesaing Waskita Toll Road dalam tender ini. Dia menargetkan, pengumuman lelang bakal dilakukan pada akhir tahun ini dan progres pembangunannya dimulai tahun depan.

"Saya belum bisa bicara karena panitia tender bukan saya. Sejauh ini yang jelas prakarsa ikut dong, kalau kita pantau di lapangan hanya pemain nasional yang ikut tender itu. Tapi kita masih belum final kita lakukan evaluasi hasil tender kita," jelasnya.

"Pengumuman lelang harapan kita akhir tahun ini, sehingga tahun depan sudah dilaksanakan PPJT, pengadaan lahan dan konstruksinya," tambahnya.



Simak Video "Meninjau Ibu Kota Baru Berbasis Smart City dan Eco Friendly"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com