Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Sep 2019 11:08 WIB

RI Mau Tiru Teknologi Korsel Bangun Infrastruktur

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi. Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pemerintah Korea Selatan melalui lembaga riset dan teknologinya, Korea Institute of Construction Technology (KICT) akan membagikan pengetahuannya soal konstruksi ke Indonesia.

Beberapa badan usaha dari Korea yang bergerak pada sektor jasa konstruksi dengan berbagai spesialisasi mulai dari konstruksi bangunan gedung, jembatan, geoteknik, jalan, air limbah, sumber daya air, perlindungan bahaya kebakaran, hingga penanganan bencana alam akan membagikan pengetahuan dan pengalamannya.

Dalam pembukaan KICT Construction Technology Fair 2019, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengungkapkan bahwa acara ini bisa mendorong adanya alih pengetahuan dan teknologi konstruksi dari Korea kepada pemerintah, badan usaha, peneliti dan ahli di bidang konstruksi di Indonesia.

"Menjadi awal dari inovasi dan gagasan sebagai masukan bagi kebijakan dan strategi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur di Indonesia," ucap Syarif di Hotel Sheraton Grand Gandaria, Jakarta, Kamis (26/9/2019).


Syarif juga mengatakan teknologi konstruksi sangat Indonesia sangat penting untuk ditingkatkan. Untuk itu dia mengatakan jangan sungkan untuk mencontoh negara yang teknologinya maju seperti Korea.

"Apalagi rencana pembangunan Ibu Kota baru nanti menggunakan konsep Smart City yang berbasis keberlanjutan dan teknologi serta memperhatikan efisiensi. Kita tidak perlu sungkan untuk belajar dari negara-negara lain yang sudah berhasil melakukannya" ucap Syarif.

Dalam acara ini ada dua agenda yang akan dilakukan yaitu seminar teknologi konstruksi dan pertemuan bisnis antara Korea dan Indonesia.



Simak Video "SDA Jadi Fokus PUPR Dalam Pembangunan Infrastruktur 2019-2020 "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com