KA Logistik Tonasa-Garongkong Ditargetkan Wira-wiri Agustus 2020

Muhammad Nur Abdurrahman - detikFinance
Kamis, 26 Sep 2019 18:14 WIB
2.

Progres Pembayaran Tanah

KA Logistik Tonasa-Garongkong Ditargetkan Wira-wiri Agustus 2020
Foto: Eduardo Simorangkir

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, kereta api yang merupakan angkutan masa depan yang ramah lingkungan ini bisa hadir di Sulawesi dan semakin mendongkrak perekonomian di Sulawesi dan sekitarnya. Jalur rel kereta api Sulsel diketahui sepanjang 164 kilometer dengan total kebutuhan tanah 7113 bidang.

"Semua orang akan lihat di sini sebagai suatu proyek yang berhasil bukan saja untuk penumpang tapi untuk logistik. Apalagi kita tahu, Sulawesi adalah penyangga Ibu Kota Baru Negara," pungkas Budi.

Sementara menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan, penyerahan persetujuan pembayaran tanah warga seluas 13.440 m² untuk mendukng pembangunan Jalur KA Segmen 3 lintas Barru-Mandai. Setelah tahap ini selesai, Kemenhub akan segera melaksanakan tahap konstruksi.

"Setelah dilakukan proses validasi dari BPN dan review BPKP, pada hari ini diserahkan persetujuan pembayaran tanah warga seluas 13,440 m². Dengan demikian, ada jaminan dan kepastian bagi warga dalam mendukung pembangunan jalur KA di segmen 3 ini. Setelah penyelesaian pembayaran tanah warga, kita segera melaksanakan pekerjaan konstruksi," jelas Zulfikri.