Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Sep 2019 10:55 WIB

Sampai Akhir 2019, Kereta Cepat JKT-BDG Ditargetkan Separuh Jadi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa/KCIC Foto: Istimewa/KCIC
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) sudah separuh jadi di akhir 2019 ini. Per akhir September ini, progres kereta cepat yang dibangun sejak 2016 itu sudah sekitar 32%.

"Sampai akhir tahun ini kita targetkan 50%. Insyaallah sampai akhir tahun ini kita bisa mencapai 50%," kata Rini di casting yard 1 proyek kereta cepat JKT-BDG, Cikarang, Senin (30/9/2019).

Menurutnya, pembangunan kereta cepat JKT-BDG bakal lebih dipercepat lagi. Targetnya, proyek dengan investasi sekitar Rp 40 triliun ini akan beroperasi di 2021.



"Jadi ini yang sekarang kita juga coba secepatnya selesaikan adalah sudah tiang-tiangnya sudah selesai, tinggal memindahkan kabel transmisi listrik yang ada di Cikarang," lanjut Rini.

Hari ini, Rini menyaksikan pemasangan girder pertama. Girder ini berfungsi sebagai struktur jalur layang kereta cepat. Menurutnya ini progres yang baik.

Prosesi peletakan girder pertama dilaksanakan di casting yard 1 proyek kereta cepat JKT-BDG, yang ada di sisi KM 26 Tol Jakarta-Cikampek, sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama. Girder ini berfungsi sebagai struktur jalur layang kereta cepat.

"Ini adalah sejarah bahwa kita akan mulai memasang girder ini yang beratnya 900 ton. Belum ada di Indonesia girder yang seberat ini. Jadi kemarin waktu pertama kita sudah bisa menembus walini kali ini memasang girder pertama yang terberat yang ada di Indonesia," tambahnya.




Sampai Akhir 2019, Kereta Cepat JKT-BDG Ditargetkan Separuh Jadi


Simak Video " Kereta Cepat 2021 Beroperasi , Menteri BUMN: Bangun Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com