Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 06 Okt 2019 15:15 WIB

Menhub Blusukan ke Tanjung Priok, Cek Bongkar Muat Akhir Pekan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Budi Karya Sumada Cek Proses Bongkar Muat di Tanjung Priok(Herdi Alif Al Hikam/detikcom) Foto: Budi Karya Sumada Cek Proses Bongkar Muat di Tanjung Priok(Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Jakarta International Container Terminal (JICT) di Tanjung Priok hari ini, Minggu (6/10/2019).

Di sana Budi Karya mengecek tiga hal, salah satunya adalah waktu bongkar muat hingga keluar pelabuhan (dwell time) di Terminal Peti Kemas Koja.

Salah satu yang ditekankan Budi Karya adalah optimalisasi kerja pelabuhan selama akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu. Dia menginginkan pelabuhan bisa beroperasi penuh selama seminggu.

"Selama ini barang-barang itu relatif tidak maksimal di Sabtu Minggu, oleh karenanya saya minta ke tim perhubungan untuk aktifkan Sabtu Minggu. Kemacetan juga berkurang, bayangkan kalau berkumpul di Kamis dan Jumat maka keluar masuk dari sini jadi ngantre," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (6/10/2019).


Selanjutnya dia juga mengecek tempat pemeriksaan fisik terpadu Graha Segara meninjau pemeriksaan barang. Budi Karya pun melakukan pengecekan pelayanan Bea Cukai 24/7.

Budi Karya juga sempat masuk meninjau salah satu kapal kontainer yang mengangkut barang dari Korea. Kapal yang mengangkut barang sebanyak 4 ribu kontainer ini, baru pertama kali berlabuh di Indonesia.

Menurutnya, awak kapal Korea pun mengaku puas dengan pelayanan syahbandar di Indonesia.

"Tadi saya liat ke kapal ketemu kapal dari Korea, dia angkut 4 ribu kontainer, suatu jumlah yang banyak baru pertama kali. Ini tunjukan bahwa hari ke hari ini meningkat dan mereka enjoy nggak ada masalah berarti," kata Budi Karya.


Menhub mengatakan optimis Pelabuhan Tanjung Priok dapat melayani 8 juta teus tahun ini sebelumnya di 2018 7,5 juta teus. Waktu dwelling time pun sudah turun jadi 2,4 per hari.

"Harapan kita prospeknya naik terus harapannya tahun depan dari 7,5 jadi 8 juta terus naik. Saya juga terima kasih dwelling time 2,4 per hari," kata Budi Karya.

Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com