Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 10:35 WIB

Mulai 2021, Gambir Tak Lagi Layani Kereta Jarak Jauh

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan bahwa Stasiun Gambir nantinya tidak lagi melayani pemberhentian kereta api (KA) jarak jauh. Peran Stasiun Gambir nantinya digantikan oleh Stasiun Manggarai yang menjadi pusat stasiun (central station) di Jakarta.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Ditjen Kemenhub), Supandi mengatakan implementasi hal tersebut direncanakan pada akhir 2021.

"Kalau rencana 2021, mungkin akhir tahun," kata Supandi saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Supandi menceritakan, implementasi Stasiun Manggarai menjadi pusat atau hub stasiun juga menunggu penyelesaian pengembangan pembangunan yang saat ini masih berjalan. Pada tahun 2021, diharapkan juga pembangunan tersebut sudah rampung.



Sampai saat ini, proses pengembangan pembangunan Stasiun Manggarai masih dihadapi oleh pembebasan lahan dan jam kerja yang setiap hari hanya bisa dilakukan selama empat jam sehari.

Meski demikian, Supandi menegaskan bahwa nantinya Stasiun Manggarai akan melayani pemberhentian setiap kereta jarak jauh yang selama ini dilayani oleh Stasiun Gambir.

"Benar, jika udah selesai semua pembangunan Stasiun Manggarai Ka Jarak jauh yang selama ini berhenti di Gambir, akan berhenti di Manggarai," ungkap dia.



Mulai 2021, Gambir Tak Lagi Layani Kereta Jarak Jauh


Simak Video "Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com