Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 11:05 WIB

Gambir Hanya Layani KRL dan Kereta Khusus Mulai 2021

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut bahwa Stasiun Gambir hanya akan melayani KRL atau commuter line Jabodetabek dan kereta khusus saja pada 2021.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi mengatakan hal itu menyusul rencana Pemerintah menjadikan Stasiun Manggarai menjadi sentral atau hub di DKI Jakarta.

"Jika sudah selesai semua pembangunan Stasiun Manggarai, KA jarak jauh yang selama ini berhenti di Gambir akan berhenti di Manggarai. Gambir tetap operasi untuk CL (commuter line)," kata Supandi saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (7/10/2019).


Stasiun Gambir, lanjut Supandi, nantinya juga tetap bisa melayani kereta api khusus seperti pariwisata dan kepresidenan. Namun, hal tersebut akan disesuaikan dengan kondisi ke depan.

"Kalau ini kan konsepnya kondisional, bisa saja dikondisikan sesuai situasi," jelas dia.


Yang pasti, kata Supandi, mulai akhir 2021 atau setelah pengembangan selesai maka Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral (central station/hub) yang melayani kereta jarak jauh, kereta bandara, dan KRL commuter Jabodetabek.

"Manggarai nanti ada commuter line (Bogor line dan Bekasi line), ada KA Jarak jauh (main line) yang selama ini berhenti di Gambir dan KA bandara," ungkap dia.

Simak Video "Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com