ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Stasiun Gambir yang Mau Pensiun Layani Kereta Antar Kota

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 08 Okt 2019 08:09 WIB
Fakta-fakta Stasiun Gambir yang Mau Pensiun Layani Kereta Antar Kota
Foto: Ilustrasi Stasiun Gambir Tak untuk KA Luar Kota (Ilustrator: Fauzan Kamil)

Secara umum, saat ini stasiun gambir memiliki tiga tingkat, di tingkat pertama ada aula utama, loket, tempat makan dan toko serta layanan perbankan. Naik ke lantai dua ada ruang tunggu dan beberapa tempat makan cepat saji. Lalu di lantai paling atas difungsikan sebagai peron dan jalur lintasan kereta.

Mengulik catatan detikcom, di tahun 2015 lalu KAI meluncurkan fasilitas hotel transit. Fasilitas ini berupa kamar yang disewakan dalam hitungan jam.

Hotel transit milik PT KAI menawarkan 3 tipe kamar yakni VIP, single bed room, twin bed room dan double bed room. Hotel ini menawarkan fasilitas inap jangka pendek yakni mulai 6 jam, 8 jam, 12 jam dan maksimal 24 jam.

Fasilitas yang tersedia sama dengan layanan hotel berbintang meskipun konsepnya hanya sebatas hotel transit. Untuk kamar, terdapat fasilitas TV satelit, wifi, AC, dan water heater.

Toilet di Stasiun Gambir pun menjadi sorotan, toilet di sana lantai dan dindingnya dilapisi granit. Di meja wastafel tampak perpaduan warna coklat muda dan krem disertai pengharum ruangan dan bunga anggrek.

Uniknya, di toilet ini juga terdapat monitor toilet satisfaction di depan toilet. Pengguna toilet bisa langsung menilai kepuasan saat menggunakan toilet.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT