Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Okt 2019 12:45 WIB

Kondisi Jalan Akses Stasiun Manggarai yang Bakal Gantikan Gambir

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai (Trio Hamdani/detikFinance) Foto: Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai (Trio Hamdani/detikFinance)
Jakarta - Stasiun Manggarai bakal menjadi hub alias stasiun pusat di Jakarta. Sekarang stasiun ini melayani commuter line Jabodetabek dan kereta bandara. Kereta antar kota juga akan dilayani melalui Stasiun Manggarai dari yang saat ini dilayani di Stasiun Gambir. Hal itu direncanakan pada 2021.

Namun kondisi saat ini terlihat belum memungkinkan jika Stasiun Manggarai dijadikan hub. Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (8/10/2019), akses jalan menuju stasiun masih sempit.

Di sebagian ruas jalan masih mampu dilewati oleh dua kendaraan bermotor roda empat. Namun di sisi lainnya hanya mampu dilewati oleh satu kendaraan bermotor roda empat dan satu kendaraan bermotor roda dua.


Kondisi tersebut diperparah karena adanya Transjakarta yang ngetem alias menunggu penumpang di pinggir jalan. Hal demikian juga dilakukan oleh para pengemudi ojek online (ojol).

Sepenglihatan detikcom memang tidak ada area khusus yang bisa digunakan sebagai tempat Transjakarta maupun ojol menunggu penumpang. Alhasil jalan yang harusnya bisa dilewati kendaraan termakan olehnya.

Kondisi Jalan Akses Stasiun Manggarai yang Bakal Gantikan GambirFoto: Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai (Trio Hamdani/detikFinance)


Jelas saja angkutan massal mulai dari Transjakarta hingga ojol yang ngetem di pinggir jalan menambah sempit jalur bagi kendaraan yang lalu-lalang. Padahal ketika stasiun ini menjadi hub pergerakan orang di lokasi akan semakin banyak.


Untuk menyiapkan Stasiun Manggarai sebagai hub tentunya akses jalan amat penting diperhitungkan. Jika tidak akan menyebabkan kemacetan parah di sekitar lokasi stasiun.

Simak Video "Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com