Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Okt 2019 20:30 WIB

Kemenhub Beberkan Ide di Balik Stasiun Manggarai Gantikan Gambir

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Rencana pengalihan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai terus dimatangkan. Nantinya, kereta jarak jauh bisa dijangkau melalui Stasiun Manggarai.

Lantas, apa alasan Kementerian Perhubungan memindahkan pelayanan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai?

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi mengatakan, pemindahan pelayanan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai dilakukan agar kapasitas pengguna KA semakin banyak.

"Kami bangun Manggarai agar kapasitas KA semakin banyak," tutur Supandi lewat pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (8/10/2019).

Lebih lanjut, kata dia, saat ini kapasitas lintas KA Jakarta dari Gambir sudah sulit untuk dikembangkan. Sehingga, pemindahan ini juga dilakukan agar pelayanan KA baik KRL atau commuter line Jabodetabek maupun KA jarak jauh semakin baik.


"Kita bicara perencanaan ke depan. Saat ini kapasitas lintas KA di Jakarta sudah sulit dikembangkan," ungkap Supandi.

Terkait rencana ini, pihaknya akan terus mempersiapkan agar pemindahan ini berjalan sesuai rencana dan menjadi keputusan yang tepat.

"Ini kan bertahap ya pembangunannya, bukan tahun ini atau tahun depan," kata Supandi.

Dapat diketahui, rencana pengalihan layanan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai akan dimulai pada 2021 mendatang.



Simak Video "Mulai 2021 Stasiun Manggarai Ambil Alih Layanan Kereta Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com