Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Okt 2019 13:07 WIB

Rencana Manggarai Gantikan Gambir Sudah Dikaji dari 1985, Tapi...

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pemerintah berencana memindahkan layanan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai pada tahun 2021. Dengan begitu, Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral yang melayani berbagai layananan kereta.

Namun, rencana pemindahan layanan itu menuai polemik. Sebab, Stasiun Manggarai tidak didukung sarana penunjang yang memadai.

Meski demikian, Direktur Eksekutif INSTRAN Deddy Herlambang mengatakan, upaya menjadikan Manggarai sebagai stasiun hub telah dikaji sejak 1985 tapi tak kunjung dieksekusi.

"Memang telah ada kajian/studi dari JICA tahun 1985 dan 1991 untuk menjadikan Manggarai sebagai terminal/stasiun terpadu atau hub besar berbasis rel. Namun karena eksekusinya terlalu lama 25 tahun setelahnya, maka perubahan main set transportasi tidak diprediksikan pada tahun studi JICA itu," katanya kepada detikcom dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10/2019).


Lanjutnya, saat itu tidak diprediksi adanya lonjakan kendaraan pribadi. Lanjutnya, pengguna kendaraan umum saat itu sekitar 60%.

"Saat itu tidak diprediksikan lonjakan perubahan kepadatan kendaraan pribadi, saat itu pengguna kendaraan umum di DKI masih sekitar 50% - 60% (data diolah dari JUTPI), kini pengguna kendaraan umum sebesar 23 %-25 %," jelasnya.


Sejalan dengan itu, jaringan jalan juga tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan yakni 0,01% per tahun. Angka itukalah jauh dengan pertumbuhan kendaraan baru yang mencapai 12-16%. Imbasnya, akses menuju Manggarai tak karuan seperti saat ini.

"Dulu kala juga tidak diprediksikan akan booming transportasi online (private bukan mass transport). Akibatnya akses menuju ke Stasiun Manggarai tidak berbentuk dan tidak tertata seperti sekarang ini. Susah payah terjebak kemacaten bila kita memaksa menggunakan kendaraan menuju Manggarai," paparnya.



Simak Video "Mulai 2021 Stasiun Manggarai Ambil Alih Layanan Kereta Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com