Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Okt 2019 15:02 WIB

Kemenhub Jawab Kritik Jonan Soal Manggarai Gantikan Gambir

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ignasius Jonan yang merupakan mantan Menteri Perhubungan (Menhub) dan mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengkritik rencana pemindahan perjalanan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Manggarai. Jonan saat ini menjabat Menteri ESDM.

Menanggapi itu, Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Supandi mengatakan bahwa nantinya masyarakat yang akan menilai hasil dari rencana tersebut.

"Masalah yang disampaikan beliau ya nanti kita lihat lah, ke depan seperti apa, masyarakat nanti bisa menilai kalau itu semua sudah jadi itu seperti apa, ya nanti masyarakat yang menilai," kata dia saat berbincang dengan detikcom di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (9/10/2019).
Menurutnya pro dan kontra hal yang wajar bila terjadi. Sementara pihaknya hanya fokus untuk mengembangkan Stasiun Manggarai.

"Ya ada polemik ya wajar lah ada pro kontra itu. Kita fokus pada Manggarai nanti jadi seperti apa, sebenernya kita sekarang juga lagi fokus pada pembangunannya bukan pada fokus bagaimana nanti pemindahan (kereta jarak jauh)," jelasnya.
Dia menambahkan bahwa rencana menjadikan Manggarai sebagai stasiun sentral sudah digaungkan sejak lama, yaitu 1985.

"Yang jelas gini ya, ini adalah perencanaan sudah lama. Kemudian pembangunannya juga sudah berjalan karena memang (Stasiun Manggarai) diproyeksikan ini menjadi stasiun sentral," tambahnya.

Kemenhub Jawab Kritik Jonan Soal Manggarai Gantikan Gambir


Simak Video "Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com