Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 11:20 WIB

Beda Cara Kirim Kereta LRT Jabodebek dengan LRT Palembang hingga MRT

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. LRT Jabodebek Foto: Dok. LRT Jabodebek
Jakarta - Pengiriman kereta light rail transit (LRT) Jabodebek telah dimulai. Satu rangkaian kereta yang dibuat oleh PT INKA (Persero) di pabriknya di Madiun mulai dikirim sejak Selasa (8/10) kemarin.

Kereta LRT Jabodebek merupakan kereta LRT kedua yang diproduksi INKA untuk Indonesia. Sebelumnya INKA juga memproduksi kereta LRT untuk LRT Palembang.

Berbeda dengan kereta LRT Palembang, pengiriman LRT Jabodebek dari pusat produksi dilakukan dengan truk Multi-Axle melalui jalur darat. Sedangkan LRT Palembang dikirim dengan melewati jalur laut menggunakan kapal.

Pengiriman kereta menggunakan jalur darat menjadi yang pertama setelah sebelumnya tiga moda kereta baru lainnya di Indonesia; MRT Jakarta, LRT Palembang, dan LRT Jakarta. Gerbong-gerbong kereta tersebut dikirim lewat jalur laut.


Mari simak kembali cara pengiriman gerbong kereta-kereta modern tersebut:

1. MRT Jakarta

Kereta MRT Jakarta tiba di Indonesia setelah dikirim dari Jepang mengarungi lautan selama hampir 30 hari. Untuk pertama kalinya, ada dua trainset atau rangkaian kereta (dua belas kereta) yang dikirim.

Dua rangkaian kereta yang dikirim dari Pelabuhan Toyohashi di Jepang itu tiba di Priok pada pagi subuh.

Setelah diturunkan dari kapal kargo, rangkaian kereta tersebut diangkut ke Depo Lebak Bulus dengan menggunakan multi-axle trailer menuju ke Depo Lebak Bulus.

Beda Cara Kirim Kereta LRT Jabodebek dengan LRT Palembang hingga MRTFoto: Agung Pambudhy

2. LRT Jakarta

Setelah dikirim dari pelabuhan Massan, Korea Selatan sejak tanggal 24 Maret 2018, satu trainset atau dua gerbong kereta ringan light rail transit (LRT) Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 13 April 2018.

Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, kereta akan diangkut langsung menuju Kelapa Gading. Rekayasa lalu lintas disiapkan dengan mengalihkan ruas Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading sejak malam hingga pagi hari.

Kereta LRT Jakarta diangkut oleh truk multi-axle ke lokasi lintasan di Kelapa Gading. Dua gerbong yang tiba langsung ditempatkan di atas rel lintasan layang yang sudah terpasang lantaran belum rampungnya depo LRT di Kelapa Gading.

Beda Cara Kirim Kereta LRT Jabodebek dengan LRT Palembang hingga MRTFoto: Pradita Utama


3. LRT Palembang

Kereta LRT Palembang diproduksi di Madiun oleh PT INKA. Gerbong kereta dikirim melalui jalur darat dan laut selama hampir lima hari.

Pada pengiriman pertama, ada enam gerbong yang terbagi atas dua trainset yang tiba di Pelabuhan Boom Baru, Palembang sekitar pukul 10.00 WIB. Keenam gerbong langsung dipindahkan dari kapal dalam kondisi tertutup untuk selanjutnya dirangkai.

Beda Cara Kirim Kereta LRT Jabodebek dengan LRT Palembang hingga MRTFoto: Dok. PT INKA (Persero).

4. LRT Jabodebek

Satu rangkaian kereta LRT Jabodebek dikirimkan melalui jalur darat dengan Multi-Axle Truck. Kapasitas mobil angkut atau Multi-Axle Truck tersebut telah disesuaikan, baik dari tinggi, lebar dan berat beban dari kereta LRT Jabodebek agar dapat berjalan di beberapa kondisi jalan yang akan dilalui.

Satu rangkaian kereta yang dikirim terdiri dari enam buah gerbong. Estimasi waktu dan antisipasi kepadatan jalan dipikirkan secara matang agar bisa melewati sepanjang tol Trans Jawa.

Estimasi pengiriman kereta akan memakan waktu selama 4 hari. Sedangkan proses unpacking, coupling dan loading kereta LRT Jabodebek diperkirakan selesai pada 14 Oktober 2019.

Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com