Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 15:36 WIB

Ada Tol Cibitung-Cilincing, Bekasi ke Tanjung Priok Tembus 1 Jam

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Jakarta - Pembangunan Tol Cibitung-Cilincing terus berjalan. Tol ini akan menghubungkan daerah industri di timur Jakarta dengan daerah pesisir pelabuhan di Jakarta Utara.

Ujungnya, diharapkan arus logistik dari wilayah industri bisa lebih cepat. Wakil Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II Eko Afrilianto menyebutkan bahwa dengan melewati tol Cibitung-Cilincing truk logistik bisa lebih efektif.

Dia menjelaskan truk bisa menambahkan 'rit'-nya alias perjalanan bolak-balik. Pasalnya tol ini memangkas perjalanan dari Cibitung di Kabupaten Bekasi ke Tanjung Priok di Jakarta Utara hanya ditempuh selama satu jam.

"Misalnya truk sehari cuma 1 rit, ritasenya bisa tambah karena dari Cibitung ke Priok jadi satu jam, kalau sekarang bisa 3-4 jam. Jadi meningkatkan efisiensi jalannya bisa 1 rit lebih," kata Eko di Cibitung, Kamis (10/10/2019).



Sejauh ini menurut Eko memang sudah ada konektivitas salah satunya lewat Jakarta Outer Ring Road (JORR I) yang mengandalkan rute Jakarta-Cikampek. Namun, kini trafiknya sudah terlalu besar dan kurang efektif.

Dengan adanya tol Cibitung-Cilincing, nantinya kendaraan logistik bisa melewati tol ini dan kendaraan lain lewat tol JORR. Dengan begitu arus lalu lintas akan terpecah dan jadi efektif.

"Konektivitas eksisting memang sudah ada, dari Cikampek masuk Cawang atau ke JORR nah ini trafiknya kan besar dan ramai. Kami berharap ada perubahan pola transportasi, dari timur ada pembagian arus kendaraan," papar Eko.

"Kendaraan berat akan masuk ke kita (Cibitung-Cilincing), yang kecil bisa ke JORR," jelasnya.

Hingga kini, Cibitung-Cilincing sudah 60% pembangunannya. Targetnya, pertengahan 2020 atau tepatnya di sekitar kuartal II tol ini akan selesai dibangun dan bisa dioperasikan.



Simak Video "Asyik! UMP Tahun 2020 Naik 8,51%"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com