Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 15:10 WIB

Luhut dan Budi Karya Cek Pengangkatan Kereta LRT Jabodebek ke Rel

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Jakarta - Moda Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek akan segera diuji coba. Keretanya pun sudah diboyong dari pabrik PT INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur ke lintasan kereta di Jakarta.

Kereta ringan ini diboyong ke Jakarta melalui jalur darat dengan Multi-Axle Truck. Saat ini kereta sudah tiba di depo sementara yang terletak di Cibubur. Kereta LRT Jabodebek saat ini sedang diangkat ke lintasan di Stasiun LRT Harjamukti.

Untuk melihat prosesnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meninjau pengangkatan kereta LRT Jabodebek ke lintasan.


Luhut tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB, sekitar 10 menit setelahnya disusul oleh Budi Karya. Mereka kompak mengenakan kemeja putih dengan bawahan hitam.

Siang-siang, Luhut dan Budi Karya Lihat Kereta LRT Jabodebek Diangkat ke RelFoto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom

Budi Karya mengatakan bahwa kereta ini akan bisa berfungsi penuh 2021. Dia juga memamerkan bahwa kereta LRT Jabodebek dibuat dengan komponen dalam negeri 60%.

"2021 diharapkan berfungsi, saya terima kasih ke Pak Menko sudah dikoordinasikan, INKA (keretanya) produk dalam negeri local content-nya 60%," ujar Budi Karya di Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).


Budi Karya juga mengatakan ini kedua kalinya INKA berkontribusi untuk moda LRT. Sebelumnya LRT Palembang pun keretanya dibuat oleh INKA.

"Ini kedua kali INKA bangun LRT setelah di Palembang. Semoga makin pintar, apalagi kalau dikasih proyek lagi sama Pak Menko," ungkap Budi Karya.

Luhut dan Budi Karya Cek Pengangkatan Kereta LRT Jabodebek ke Rel


Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com