Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 21:49 WIB

Bandara Sentani Mau Jadi Hub Penerbangan Pasifik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Bandara Sentani/Foto: Dana Aditiasari Bandara Sentani/Foto: Dana Aditiasari
Jakarta - Bandara Sentani di Papua diserahkan pengelolaannya dari Kementerian Perhubungan ke PT Angkasa Pura I (Persero) lewat skema kerja sama pemanfaatan bandara. Usai mendapatkan izin pemanfataan, AP I berencana membuat bandara ini jadi hub internasional.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pihaknya akan membuat Bandara Sentani menjadi hub di kawasan Pasifik. Dia mengatakan besar kemungkinan Bandara Sentani akan membuka rute penerbangan langsung ke New Caledonia hingga Australia.

"Saya juga melihat ada potensi lain yaitu untuk penerbangan internasional ke wilayah Pasifik, wilayah atas ya. Kayak New Caledonia, Australia," ucap Faik di Menara Astra, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2019).


Selama ini, menurut Faik, penerbangan ke Papua harus melalui Singapura terlebih dahulu. Namun, pihaknya merencanakan akan membuka penerbangan langsung ke Papua.

"Kan kalau selama ini harus ke Singapura dulu. Kan bisa dikembangkan di Papua itu jadi mau ke mana-mana nggak usah ke Singapura dulu," kata Faik.


Faik juga mengatakan pihaknya siap menggelontorkan Rp 1,9 triliun untuk mempercantik dan merawat bandara Sentani selama masa pengelolaan 30 tahun.

"Dalam waktu kerja sama pengoperasian selama 30 tahun ini kita akan merencanakan sekitar Rp 1,9 triliun," kata Faik.

Simak Video "Fahri: Ngabalin Jadi Komisaris AP I Karena Gaji Jubir Presiden Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com