Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 17:35 WIB

Proyek Jalan Akses ke Sirkuit MotoGP Mandalika Telan Rp 1,7 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Melongok Mandalika yang Agar Gelar Perhelatan MotoGP/Foto: AFP Melongok Mandalika yang Agar Gelar Perhelatan MotoGP/Foto: AFP
Jakarta - Mandalika di Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu kawasan yang akan dijadikan pancingan untuk menarik wisatawan. Salah satu yang akan jadi daya tariknya adalah sirkuit MotoGP.

Untuk menggenjot pariwisata, konektivitas menuju sirkuit MotoGP pun jadi sorotan. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola kawasan wisata Mandalika sudah meminta Presiden Joko Widodo untuk membangun beberapa infrastruktur pendukung konektivitas ke sana.

Hingga kini, untuk ke Mandalika konektivitas terdekatnya adalah Bandara Praya alias Bandara Internasional Lombok yang letaknya 20 km dari Mandalika. Menurut Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer jalan dari bandara ke Mandalika khususnya ke sirkuit masih kurang mendukung.

Pihaknya, meminta Jokowi untuk membangun jalan akses dari bandara ke Mandalika. Dia meminta jalan yang dibangun bentuknya lurus dan lebar.


"Kita sudah minta ke Pak Jokowi beberapa hal saat kita diundang ke Istana, dia tanya butuhnya apa saja Pak dirut? Saya bilang kita butuh jalan utama yang lurus dan lebar karena nanti kan MotoGP akan membawa logistiknya, alatnya ratusan kontainer itu," kata Abdulbar saat makan siang bareng wartawan di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Bahkan, rencana ini menurutnya sudah berjalan, Abdulbar mengatakan mendapatkan laporan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, bahwa proyek akses bandara sudah berjalan. Dia pun menyebut pemerintah menyiapkan dana Rp 1,4 triliun untuk membangun jalan dan Rp 300 miliar untuk pembebasan lahannya. Totalnya Rp 1,7 triliun untuk membangun jalan akses ke lokasi sirkuit MotoGP Mandalika.

"Solusinya waktu itu PU diminta datang ke lokasi, Pak Jokowi bilang nanti jalan tolong dibangun angkanya Rp 1,4 triliun dan Rp 300 miliar untuk bebaskan tanah, ini akan lebar 50 m, bagus sekali itu 4 jalur. Jadi motong jalan 20 km jadi 16 km," jelas Abdulbar.

"Pak Basuki sudah bilang akan dibangun, bahkan itu udah jalan katanya dimulai pembebasan lahan, itu diminta Pak Jokowi, Januari sudah mulai jalan pembangunannya," tambahnya.


Selain bandara, Abdulbar meminta jalan akses dari Pelabuhan Gilimas dibuat jalan pintas menuju Mandalika.

"Lalu kan ada Pelabuhan Gilimas itu buat cruise itu, kita minta dibikinkan jalan juga ke Mandalika, solusinya bikin sodetan langsung ke Mandalika, nyambung sama akses bandara," papar Abdulbar. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com