Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 20:34 WIB

3 Tahun Jadi Menhub, Budi Karya Banggakan MRT dan Mudik Lebaran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Screenshoot 20detik Foto: Screenshoot 20detik
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan kinerja kementeriannya selama lima tahun terakhir. Mulai dari konektivitas kota hingga menghubungkan daerah-daerah terpencil.

Budi sendiri baru dilantik menjadi menteri pada Juli 2016 lalu. Moda Raya Terpadu (MRT) menjadi salah satu yang dibanggakannya. Menurutnya, MRT menjadi andalan untuk angkutan massal dalam kota.

"Alhamdulillah selama lima tahun ini kita memiliki MRT, suatu hasil membanggakan dan menjadi andalan transportasi dalam kota. Kita akan terus rancang lebih panjang agar signifikan," kata Budi Karya di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Selain MRT, moda Lintas Rel Terpadu (LRT) juga akan dikembangkan dan 2021 bisa beroperasi di Jakarta dan sekitarnya. Penggunaan angkutan massal kata Budi akan ditingkatkan hingga 80%.

"Angkutan massal cukup intensif, tapi sekarang baru 30% kita mau jadi 60-80%," ujar Budi Karya.



Selain transportasi kota, Budi juga membanggakan pengawalan mudik, khususnya mudik tahun 2019. Menurutnya, gelaran mudik 2019 menjadi yang terbaik dan sesuai dengan arahan presiden.

"Untuk darat saya ungkapkan mudik lebaran bisa baik untuk masyarakat. Saya ucapkan terima kasih ke Pak Dirjen bisa menjawab mudik yang diinginkan presiden," kata Budi Karya.

Di bidang transportasi laut, Budi Karya membanggakan tol laut dengan 18 rute yang sudah berjalan. Menurutnya, program ini sudah bisa menekan disparitas alias perbedaan harga di daerah terpencil. Selain itu penyaluran sembako pun menjadi lebih mudah.

Selain itu, Budi juga memamerkan proyek jembatan udara alias konektivitas udara ke daerah terpencil. Setidaknya sudah ada 79 rute ke daerah terpencil Indonesia yang tersambung dengan program ini.

"Logistik mereka sangat terbantu," ucap Budi Karya.



Simak Video " MRT Jakarta Jalin Kerja sama dengan Seoul Metro"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com