Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 23:08 WIB

Jokowi Periode Kedua, Rencana Manggarai Gantikan Gambir Tetap Jalan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Desain Stasiun Manggarai (Istimewa/Kementerian Perhubungan) Foto: Desain Stasiun Manggarai (Istimewa/Kementerian Perhubungan)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yakin rencana pensiunkan Stasiun Gambir layani kereta jarak jauh, dan diganti Stasiun Manggarai tetap berlanjut. Kebijakan ini diharapkan tetap berjalan meskipun nanti terjadi pergantian posisi Menhub di periode kedua Presiden Joko Widodo.

Apa alasannya kebijakan tersebut perlu dilanjutkan?

"Rencana ini sudah lama sekali dan akan berjalan. Secara ideal ya satu konektivitas yang ke luar itu harus dipisahkan sama angkutan dalam kota," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Stasiun Gambir nantinya untuk melayani jalur kereta dalam kota. Pasalnya, jumlah penumpang dalam kota jauh lebih besar dibanding kereta ke luar kota.


"Bayangkan ada 1,2 juta orang yang gunakan angkutan dalam kota, sementara yang keluar daerah cuma 10 ribuan. Oleh karenanya kami mau prioritaskan yang dalam biar efektif," kata Budi Karya.

Sebagai informasi, rencana Kemenhub, Gambir tidak lagi melayani kereta jarak jauh, dan digantikan Stasiun Manggarai. Rencana ini dikritik pengamat transportasi hingga mantan Menhub Ignasius Jonan karena Stasiun Manggarai dinilai belum siap untuk jadi hub.

Namun menurut Budi Karya, Stasiun Manggarai strategis untuk dijadikan hub alias stasiun pusat di Jakarta. Mengenai kritik yang menyebut Stasiun Manggarai belum siap, Budi Karya mengatakan saat ini stasiun itu sedang dikembangkan, termasuk untuk penunjangnya di sekitar stasiun.

"Manggarai itu tempat yang strategis. Bahwasanya belum maksimal, kita punya tanah PT KAI maka akan kami konsolidasikan. Maka idealnya memang di Manggarai (jadi hub)," kata Budi Karya.


Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulkifli pun mengamini pernyataan atasannya, rencana memindahkan kereta antar ke kota dari Gambir ke Manggarai akan tetap berjalan. Dia menyebut saat ini Manggarai sedang dipersiapkan treknya, sehingga bisa mengakomodir semua perjalanan kereta.

"Kalau kita kan memang sudah bangun (Manggarai), bahwa nanti akan jarak jauh ke Manggarai semua. Perencanaan sampe 2021 ini akan ada 18 trek, rencana akan tetap berjalan," kata Zulkifli.

Jokowi Periode Kedua, Rencana Manggarai Gantikan Gambir Tetap Jalan?


Simak Video "Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com