Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 13:55 WIB

Basuki Hadimuljono, Bapak Daendels RI yang Tak Pakai WA

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Basuki Hadimuljono bakal kembali mengisi kursi menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) periode pertama ini menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Jokowi jelang pengumuman nama-nama menteri.

Basuki sendiri menjadi salah satu menteri yang banyak menarik perhatian di periode pertama pemerintahan. Ia dianggap sebagai orang yang berperan besar dalam pembangunan infrastruktur, program prioritas Jokowi.

Tak heran, sejumlah sebutan melekat pada Basuki. Ada yang menyebut Bapak Infrastruktur, ada juga yang menyebutnya Bapak Daendels Indonesia.


Sebutan Bapak Daendels sendiri pernah diucapkan Menteri Keuangan periode pertama Sri Mulyani Indrawati dalam acara penandatangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Semarang-Demak.

"Pak Basuki menjadi Bapak Daendels Indonesia, Kepala BPJT, Direktur Utama PII, Bapak Wali Kota Semarang, Bupati Demak dan eselon I kementerian lembaga," kata Sri Mulyani membuka kala itu di Kementerian PUPR Jakarta, Senin (23/9/2019).

Daendels sendiri merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ia adalah orang yang membangun jalan dari Anyer, Banten sampai Panarukan, Jawa Timur.

Tak hanya masalah pembangunan infrastruktur yang membuat Basuki menarik perhatian banyak orang. Basuki menjadi sorotan karena salah satu sosok yang 'unik'.

Lantaran, di era serba internet seperti saat ini, Basuki masih berkomunikasi menggunakan SMS. Hal itu pernah disinggung Sri Mulyani dalam kesempatan terpisah.


Mulanya, Sri Mulyani mengatakan, hubungan antar menteri di periode pertama sangat erat dan komunikasi berjalan baik. Kemudian, Sri Mulyani menyinggung Basuki yang menghubunginya jika ada apa-apa.

"Kalau ada apa-apa, Pak Bas tinggal SMS 'Mbak iki lho (ini lho)', iya siap," kata Sri Mulyani menirukan komunikasi dengan Basuki di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Kemudian, dia mengatakan, Basuki satu-satunya menteri yang masih memakai SMS. Basuki tidak menggunakan aplikasi WhatsApp (WA).

"Dia SMS, satu-satunya menteri yang nggak pakai WA, kalau yang lain WA," ujarnya.

Simak Video "Basuki Jabat Menteri PUPR: Presiden Minta Lanjutkan Infrastruktur"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com