Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 14:36 WIB

Bangganya Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa di Hari Sumpah Pemuda

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan jembatan Youtefa yang terletak di Papua. Jokowi menyampaikan dirinya sangat bangga bisa meresmikan jembatan ini di hari Sumpah pemuda.

"Hari ini saya senang, bisa meresmikan jembatan Youtefa yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Sumpah pemuda adalah tonggak penting dalam perjalanan bangsa kita, ketika itu 28 Oktober 1928 pemuda dan pemudi dari seluruh nusantara bersumpah untuk bersatu," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/10/2019).

Dia menyampaikan, jembatan Youtefa ini juga menjadi tonggak sejarah yang penting di Papua. Karena bukan hanya simbol tetapi juga sebagai tanda kemajuan untuk membangun tanah Papua.

"Tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke Bumi, itu yang saya lihat setiap saya ke Papua," imbuh dia.


Jokowi mengajak ke seluruh masyarakat untuk bersama-sama merawat dan memajukan tanah Papua. Dia menyebut, usai pelantikan, kunjungan kerja yang ia lakukan adalah ke Papua. Hal ini untuk memastikan jika pembangunan di Papua tetap berjalan.

"Saya ingin memastikan sendiri di tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan dalam kemajuan Indonesia yang kita cintai ini," jelas dia.

Jembatan ini, membentang 1.328 meter di atas Teluk Youtefa, yang menyambungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami. Jembatan ini sebelumnya akan diresmikan pada September lalu. Dengan melewati jembatan ini, perjalanan dari Jayapura ke perbatasan di wilayah Skouw terpangkas dari 3,5 jam jadi cuma setengah jam.

Simak Video "Jokowi Sebut Kemudahan Berusaha Masih Ruwet, Kalah dari China"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com