Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 15:00 WIB

Diresmikan Jokowi, Ini Sumber Pembiayaan Jembatan Youtefa

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Jembatan Holtekamp atau yang kini dinamakan Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua. Salah satu proyek infrastruktur terbesar di Indonesia Timur tersebut menelan biaya pembangunan Rp 1,6 triliun.

Dananya bersumber dari berbagai instrumen pembiayaan. Dirangkum detikcom dari data Kementerian PUPR, Senin (28/10/2019), pembiayaan pembangunan jembatan tersebut bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) alias surat utang syariah yang diterbitkan pemerintah dan juga dari APBD Pemprov Papua.

Dana APBN digunakan untuk pengerjaan jembatan bentang utama sepanjang 433 meter dengan nilai Rp 946 miliar dan jalan akses sisi Holtekamp sepanjang 7.410 meter sebesar Rp 200 miliar.



APBD Provinsi Papua mendapat porsi pembangunan jembatan bentang pendekat sepanjang 685 meter (Rp 332 miliar) dan jembatan bentang pendekat sepanjang 210 meter (Rp 400 miliar). Sementara APBD Kota Jayapura digunakan untuk pembangunan jalan akses sisi Hamadi sepanjang 400 meter dengan nilai Rp 35 miliar.

Pembangunan menggunakan dana SBSN sendiri banyak digunakan untuk proyek strategis nasional mulai Jalan Lintas Timur Sumatera, Lintas Jawa, di perbatasan dan di proyek-proyek strategis. Tentu saja salah satunya adalah Jembatan Youtefa.

Dikutip dari situs web resmi Pemprov Papua, pembangunan Jembatan Holtekamp juga didukung oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Papua.

Dengan demikian, seluruh anggaran pembangunan Jembatan Holtekamp bersumber dari APBD provinsi dan APBN. Sedangkan Pemerintah Kota Jayapura mengalokasikan anggaran untuk pembongkaran gunung.



Simak Video "Niat Selfie, Pemuda Tewas Terjatuh dari Jembatan Youtefa"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com