Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 20:15 WIB

Astra Bakal Akuisisi Penuh Saham Tol Cipali dari Perusahaan Malaysia

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO Foto: ANTARA FOTO
Jakarta - PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) bakal merealisasikan keinginannya memiliki ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) 100%. Saat ini porsi kepemilikannya mayoritas dipegang oleh UEM Group Berhad sebesar 55% sementara Astra Infra 45%.

UEM Group Bhd diketahui memiliki saham di tol Cipali melalui anak usahanya Plus Expressways International Berhad. Perusahaan tersebut merupakamn pemegang konsesi tol terbesar di Malaysia.

Direktur PT Astra Tol Nusantara Kris Ade Sudiyono menjelaskan bahwa UEM Group bakal melepas seluruh sahamnya di tol tersebut yang nantinya akan diambil alih oleh Astra Infra. Targetnya itu bakal direalisasikan tahun ini juga.

"Yang jelas kita memang sedang ada proses dengan existing shareholder which is UEM Group untuk melakukan diskusi transfer of share 55% sahamnya dia. (Targetnya) tahun ini," kata dia di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (29/10/2019).



Namun, dia menjelaskan bahwa Astra Infra akan menggandeng rekanan dalam rangka mengakuisisi 55% saham UEM di Tol Cipali.

"Saat ini kan 45% (kepemilikan) di kita, 55 persennya UEM. UEM akan exit 100% ya kan. Kalau ditambah (ke Astra Infra) kan jadi 100%, cuma saya bersama dengan teman," ujarnya.

Dia tak mau bicara secara tegas siapa rekanan yang dimaksud. Sedangkan info yang tersiar adalah Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB). Saat dikonfirmasi soal itu dia tak membantah.

Nantinya pihaknya bersama rekanannya itu akan berbagi struktur kepemilikan di Tol Cipali. Bagaimana pembagiannya, dia belum bisa menyampaikannya.

"Nanti strukturnya berapa persen sana, berapa persen sini, tunggu finalnya," tambahnya.



Simak Video "7 Orang Tewas, Begini Kerusakan 2 Bus yang Tabrakan di Tol Cipali"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com