Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 15:24 WIB

LRT Ingin Dibangun di Surabaya Hingga Medan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin kereta ringan LRT tidak hanya dibangun di Jakarta. Melainkan, juga dibangun di kota-kota lain seperti Surabaya, Bandung hingga Medan.

Budi Karya menjelaskan, LRT Jabodebek merupakan salah satu contoh proyek dengan tingkat kesulitan yang tinggi, baik dari struktur maupun pembiayaannya.

"Saya memang melihat Adhi Karya sangat gigih melakukan proyek ini dan proyek ini menjadi proyek, menjadi contoh dari struktur, tingkat kesulitan dan tingkat kesulitan financing," katanya dalam acara pengecoran jembatan di Jalan Gatot Subroto Jakarta, Senin (11/11/2019).



Meski begitu, Budi yakin, proyek ini akan rampung pada 2021 mendatang. Dengan begitu, LRT akan menjadi salah satu alternatif transportasi masyarakat. Lanjutnya, jika LRT Jabodebek berhasil maka bisa dikembangkan di kota-kota Indonesia.

"Kalau kita berhasil di sini kita bisa melaksanakan di kota lain Surabaya, Bandung, Makassar, Medan sudah menunggu," katanya.

Namun, pihaknya juga menekankan pentingnya inovasi efisiensi di proyek infrastruktur ini. Dengan begitu, LRT akan lebih murah dan diikuti oleh kota-kota lain.

"Memang kami berharap suatu inovasi untuk membuat inovasi dalam segi inovasi efisiensi, dari segi harga karena kalau kita bangun di setiap kota dengan harga kompetitif maka memberi solusi kota-kota lain," tutupnya.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com