Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 14:08 WIB

Jokowi Banggakan LRT Jabodebek Dirancang Perempuan dan Cetak Rekor

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Dok. Adhi Karya Foto: Dok. Adhi Karya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membanggakan proyek LRT Jabodetabek yang baru saja menyelesaikan penyambungan jembatan longspan jalurnya yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Melalui akun instagramnya, Jokowi berbagi cerita akan kebanggaannya terhadap proyek ini.

"Sudah melayang di atas flyover, melengkung pula di ketinggian. Begitulah rumitnya pekerjaan jembatan bentang panjang untuk LRT Jabodebek yang melayang di atas flyover Kuningan, Jakarta Selatan ini," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Instagramnya, Kamis (14/11/2019).

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasinya kepada insinyur dan kontraktor yang berhasil merancang dan membangun jembatan LRT tersebut. Insinyur tersebut adalah seorang Srikandi bernama Arvila Delitriana.



Arvila Delitriana, merupakan engineer asal Institut Teknologi Bandung. Arvila berhasil merancang jembatan yang membentang 148 meter dengan berat ribuan ton tersebut dan menyambungkannya di atas jalan raya berkondisi padat lalu lintas.

"Bayangkanlah kehebatan konstruksi ini: membentang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter dan menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Besi yang digunakan sejumlah 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380," tulis Jokowi.

Atas dasar pencapaian tersebut, proyek ini berhasil mengukir dua rekor dari Museum Rekor Indonesia, yaitu sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar. Jokowi pun memberi selamat kepada Arvila Delitriana dan Adhi Karya selaku kontraktor proyek.

"Dengan tersambungnya salah satu bagian tersulit dari konstruksi jalur LRT Jabodebek ini, proyek kereta LRT kita kian menampakkan hasil," tulisnya.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com