Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 16 Nov 2019 16:00 WIB

Geser Terpeka, Tol Ini Bakal Jadi yang Terpanjang di RI

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tol Terpeka/Foto: Antara Foto Tol Terpeka/Foto: Antara Foto
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan pengoperasian tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 km. Tol tersebut pun kini menjadi jalan bebas hambatan terpanjang yang ada di Indonesia.

Meski panjangnya mencapai 189 km, namun ruas ini tak bakal lama menjaga rekor tersebut. Jika tak ada aral melintang, ada ruas tol baru yang panjangnya jauh lebih panjang dari tol Terpeka.

Tol tersebut itu adalah ruas Pekanbaru-Padang yang panjangnya mencapai 255 km. Ruas ini ditargetkan tersambung pada 2024, namun pembangunannya sudah diresmikan sejak Februari 2018 lalu oleh Presiden Jokowi.

Proyeksinya, ruas tol Padang-Pekanbaru akan memiliki lima seksi. Seksi 1 menyambungkan Padang-Sicincin (28 km) dan Seksi 2 Sicincin-Payakumbuh (78 km).

Lalu seksi 3 Payakumbuh-Pangkalan (45 km), seksi 4 Pangkalan-Bangkinang dengan panjang 56 kilometer, dan seksi 5 Bangkinang-Pekanbaru (37 km).



Uniknya, jalan tol ini akan dilengkapi dengan terowongan yang menembus jajaran Bukit Barisan. Setidaknya ada dua terowongan yang masuk dalam perencanaan untuk menembus bukit barisan.

Proyek ini sendiri memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Pasalnya Bukit Barisan dinilai menjadi kawasan yang rawan bencana. Mulai dari potensi longsor dan pergerakan tanah, hingga gempa bumi.

Berikut adalah 5 ruas tol terpanjang di Indonesia yang sudah beroperasi saat ini:
1. Tol Terpeka 189 km
2. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 km
3. Tol Cipali 116,75 km
4. Tol Jakarta-Merak 98 km
5. Tol Ngawi-Kertosono 87 km



Simak Video "Sedan Tabrak Truk di Lampung, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com