Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Nov 2019 15:39 WIB

Ini Stasiun MRT Jakarta yang 'Dijual' Paling Mahal

Johanes Randy Prakoso - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - MRT Jakarta mengandalkan naming rights atau hak nama di stasiunnya untuk tambahan pendanaan. Dari 13 stasiun di fase pertama, ini yang paling mahal.

Traveler yang pernah naik MRT Jakarta tentu pernah mendapati sejumlah nama besar di belakang nama stasiunnya. Sebut saja Grab, Astra hingga Bank BNI yang namanya ditorehkan setelah nama stasiun.

Untuk diketahui, hak nama tersebut merupakan salah satu skema bisnis inovatif dimana MRT Jakarta membentuk kemitraan dengan perusahaan dalam hal pemberian hak atas nama stasiun MRT Jakarta sesuai ketentuan.


Hal itu pun diungkapkan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi MRT Jakarta, Tuhiyat, saat paparan pendanaan proyek di Kantor MRT Jakarta, Gedung Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Saat ini, pihak MRT Jakarta telah 'menjual' hak nama 5 stasiunnya ke lima brand besar, antara lain BNI, Mandiri, BCA, Astra Internasional, dan Grab. Nama masing-masing perusahaan tersebut menjadi nama stasiun.

"Naming rights tidak boleh menghilangkan nama depannya, misal Setiabudi Astra nama depannya nggak boleh hilang," ujar Tuhiyat.

Dalam proses mendapatkan hak nama itu, pihak MRT Jakarta pun melakukan bidding atau lelang bagi pihak-pihak yang ingin mendapat hak nama eksklusif di salah satu stasiunnya. Apabila telah disetujui, skema bisnisnya berlaku selama lima tahun.

"Naming rights dari non fairbox yang terbesar (pemasukan), setelah itu advertising. Grab Rp 33 miliar dia. Kontraknya 2-5 tahun," ujar Tuhiyat.


Hanya diungkapkan Tuhiyat, ada satu stasiun MRT (fase I) yang nilai hak namanya paling mahal. Tentu ini di luar 5 stasiun yang sudah punya hak nama di atas.

"Yang kita hold HI dulu, itu terakhir," ujar Tuhiyat.

Berada di ujung Utara Stasiun MRT fase I , Stasiun MRT Bundaran HI juga memiliki lokasi strategis di tengah sentra bisnis Jakarta Pusat. Nilai hak nama stasiunnya dipastikan jauh di atas stasiun MRT lainnya.

Simak Video " MRT Jakarta Jalin Kerja sama dengan Seoul Metro"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com