Holding BUMN Pelabuhan Bakal Terbentuk Tahun Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Nov 2019 16:17 WIB
Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan holding pelabuhan terus dikaji. Menurutnya holding ini ditargetkan terbentuk 2020.

Elvyn menyebutkan kini pihaknya sedang berbicara dengan Menteri dan Wakil-wakil Menteri BUMN. Dia mengatakan saat ini juga pihaknya sedang melakukan kajian soal sistem holding yang akan dibentuk, dia memperkirakan kajian akan selesai enam bulan ke depan.

"Saya sedang diskusikan secara mendalam dengan Pak Menteri (Menteri BUMN), Wamen mengenai konsep holding paling pas. Kami sudah ada kajian holdingnya, enam bulan kelar. Plan saya 2020 mulai terwujud," ucap Elvyn kepada wartawan di kantor Kementerian BUMN, Rabu (20/11/2019).


Elvyn juga memaparkan beberapa bentuk holding yang kemungkinan digunakan. Meski belum detail, Elvyn menegaskan holding pelabuhan pasti terbentuk.

"Kajian itu memberikan opsi menggunakan champion, ada opsi gunakan cangkang. Artinya pola-pola holding masih akan dibahas lebih detail tapi sudah mulai mengerucut holding ini akan dibahas ke holding pelabuhan," ucap Elvyn.

Elvyn bahkan sudah menyebutkan rencana nama holding yang akan digunakan. Bukan lagi Pelindo I, II, III, atau IV, nantinya perusahaan pelabuhan akan menjadi Pelindo Incorporated.

"Apa jadi holding? Saya yakin akan jadi holding. Someday hanya akan ada satu pelabuhan, Pelindo Incorporated yang kelola Sabang-Merauke," ucap Elvyn.



Simak Video "Pelindo II: Aktivitas Kargo Turun 6,5% Terimbas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)